Breaking News:

Lebaran 2019

LIBUR Lebaran, Objek Wisata di Sumbar Dikunjungi 2,1 Juta Wisatawan

Sebanyak 2.146.749 wisatawan berlibur di berbagai objek wisata yang tersebar di daerah Sumatera Barat (Sumbar) selama libur l

TribunPadang.com/RizkaDesriYusfita
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abi 

Selama Libur Lebaran, Objek Wisata di Sumbar Dikunjungi 2,1 Juta Wisatawan

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Sebanyak 2.146.749 wisatawan berlibur di berbagai objek wisata yang tersebar di daerah Sumatera Barat (Sumbar) selama libur lebaran 2019.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit melalui pesan WhatShapp-nya. Ia menjelaskan angka tersebut merupakan hasil rekapan data Dinas Pariwisata Sumbar selama 5 hari, terhitung tanggal 5 Juni hingga 9 Juni 2019.

"Dinas Pariwisata Sumbar mendapatkan laporan dari 18 kabupaten/kota yang ada di Sumbar. Sementara Kepulauan Mentawai belum sempat mengirimkan datanya," kata Nasrul Abit, Senin (10/6/2019).

Nasrul Abit menambahkan, dari laporan yang diterima, Pesisir Selatan tercatat sebagai daerah paling banyak dikunjungi, yakni sebanyak 795.747 wisatawan.

Kemudian, Kota Padang 330.000 wisatawan. Lalu Kota Pariaman dengan 226.993 wisatawan dan disusul Bukittinggi sebanyak 192.242 wisatawan.

Sementara, kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) tercatat hanya 264 orang.

"Kami perkirakan putaran uang di Sumbar selama lima hari tersebut Rp214 Miliar dengan perhitungan kebutuhan makan dan minum rata-rata Rp100 ribu/orang setiap hari," ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga berpendapat mahalnya harga tiket tidak mengurungkan niat pulang kampung masyarakat Minang. 

Sebaliknya, semangat 'pulang basamo' masyarakat Minang yang memanfaatkan jalan darat dan mobil pribadi semakin meningkat.

"Terima kasih kepada para wisatawan yang mau berlibur di Sumatera Barat bersama sanak keluarga dan teman sejawat," ujar Nasrul Abit.

Dari kunjungan wisatawan ke Sumbar, kata Nasrul Abit, hanya 30 persen objek wisata berbayar.

Namun hal tersebut perlu menjadi perhatian kepala daerah, bagaimana potensi wisata terus mendorong pemasukan bagi daerah.

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved