Breaking News:

Museum Rumah Bung Hatta, Menyusuri Jejak Sejarah Sang Pahlawan Proklamator

Siapa yang tak kenal dengan Bung Hatta. Lahir dengan nama Mohammad Athar yang lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat

TribunPadang.com/Merinda Faradianti
Rumah keluarga Bung Hatta, semasa kecilnya yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No 37 Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) 

Laporan Wartawan Tribunpadang.com, Merinda Faradianti

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Siapa yang tak kenal dengan Bung Hatta. Lahir dengan nama Mohammad Athar yang lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) pada 1902 silam.

Di Jalan Soekarno Hatta No 37 Bukittinggi, Sumbar berdiri sebuah rumah yang dulunya adalah rumah lahirnya Sang Pahlawan Proklamator tersebut.

Rumah kelahiran tersebut sekarang dijadikan Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta yang dijadikan destinasi wisata sejarah yang ada di Bukittinggi.

Amzal sebagai juru pelihara Museum Kelahiran Bung Hatta mengatakan bahwa Bung Hatta pernah tinggal dirumah tersebut dari tahun 1902 hingga 1913.

"Beliau lahir di rumah ini, dan tinggal di sini hingga umur 12 tahun atau tamat Sekolah Rakyat (SD sekarang)," kata Amzal kepada Tribunpadang.com, Minggu (28/4/2019).

Memasuki Rumah Kelahiran Bung Hatta terlihat sebuah ruangan yang dulunya adalah ruangan favorit Bung Hatta untuk membaca buku.

"Kita sama-sama tahu kalau Bapak Hatta suka baca, jadi diruangan ini dulu beliau suka menghabiskan waktu untuk membaca buku," ucap Amzal.

Rumah dua lantai tersebut berisi banyak perabotan lama serta dokumen-dokumen saat Bung Hatta tinggal di sana. Pada Tahun 2010 Rumah Kelahiran Bung Hatta ditetapkan sebagai Cagar Budaya.

"Setelah tamat Sekolah Rakyat, beliau dibawa Ayah tirinya ke Padang untuk melanjutkan sekolah MULO (SMP sekarang)," lanjut Amzal.

Halaman
123
Penulis: Merinda Faradianti
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved