Momentum Hari Kartini

AYO Lihat Komik Digital "Pejuang Emansipasi Perempuan" Kenalkan Sosok RA Kartini

Tanggal 21 April 2019 adalah saat yang tepat untuk mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan khususnya RA Kartini yang dengan gigih.

AYO Lihat Komik Digital
Istimewa/kartini.pendidikan.id
ILUSTRASI Kisah RA Kartini dalam komik Pejuang Emansipasi Perempuan 

TRIBUNPADANG.COM - Tanggal 21 April 2019 adalah saat yang tepat untuk mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan khususnya RA Kartini yang dengan gigih.

Utamanya, dalam memperjuangkan emansipasi wanita serta mengenang jasanya yang telah mengorbankan seluruh jiwa dan raganya untuk negeri kita, khususnya untuk seluruh perempuan di Indonesia.

Saat ini bangsa Indonesia sudah 73 tahun merdeka. Lahirnya bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat ini merupakan suatu hasil dari adanya perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan nyawanya demi membela Tanah Air Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Dengan menghargai para pahlawannya, akan timbul rasa cinta dan nasionalisme masyarakat kepada negara. Rasa nasionalisme dapat ditanamkan sejak dini pada diri anak-anak, salah satunya dengan membaca buku-buku sejarah.

Sayangnya, saat ini buku-buku sejarah kurang diminati karena dianggap membosankan.

Kisah RA Kartini dalam komik Pejuang Emansipasi Perempuan
Kisah RA Kartini dalam komik Pejuang Emansipasi Perempuan (Istimewa/Pendidikan.id)

Banyak yang berpikiran, membaca sejarah cuma membaca tanggal dan nama belaka. Itulah yang membuat membaca buku sejarah tidak disukai oleh sebagian besar generasi muda.

Dalam siaran pers Minggu (21/4/1019) disebutkan bahwa saat ini Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Jawa Timur bekerja sama dengan Pendidikan.id menerbitkan buku-buku digital sejarah yang dikemas menarik dalam bentuk komik.

Kapten Caj (K) Tuti Andayani Jadi Danramil Wanita Pertama dari Korem Wirabraja, Ini Mottonya

Tiap komik mengangkat kisah satu-persatu pahlawan Indonesia dan cerita dibuat lebih menarik dengan bahasa yang ringan namun tetap tidak mengurangi alur cerita serta segala aspek informasi di dalamnya.

Perpaduan ini membuat komik digital sejarah yang diterbitkan oleh MGMP Sejarah Jawa Timur dan Pendidikan.id cocok dibaca anak segala usia, mulai dari SD hingga SMA.

Tidak terlalu berat bagi anak usia SD dan tidak terlalu membosankan bagi anak usia SMA.

Halaman
12
Penulis: Emil Mahmud
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved