Usia Harapan Hidup di Indonesia Meningkat Mencapai 71 Tahun, Tetapi Lebih Rendah dibanding Singapura

Harapan hidup di Indonesia terus meningkat. Adapun usia harapan hidup untuk laki-laki di Indonesia mencapai 69 tahun, sedangkan usia perempuan lebih

Usia Harapan Hidup di Indonesia Meningkat Mencapai 71 Tahun, Tetapi Lebih Rendah dibanding Singapura
Tribunnews
menteri-kesehatan-nila-f-moeloek-ilustrasi.jpg 

TRIBUNPADANG.COM - Harapan hidup di Indonesia terus meningkat.

Adapun usia harapan hidup untuk laki-laki di Indonesia mencapai 69 tahun, sedangkan usia perempuan lebih tinggi yaitu 74 tahun atau rata-ratanya mencapai 71 tahun.

“Ternyata indeks pembangunan manusia kita meningkat, tapi minta maaf sama laki-laki hanya sampai 69 tahun perempuan, 74 tahun jadi perempuan lebih kuat dari laki-laki,” papar Menteri Kesehatan Nila Moeloek saat ditemui di Kominfo, di Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

Kemudian dari usia rata-rata 71 tahun, usia sehat mencapai 62 tahun atau sekitar sembilan tahun masa-masa tidak sehat atau sudah terserang penyakit.

“Kita alami tidak sehat hampir sembilan tahun,” tutur Nila.

Dibandingkan Singapura usia harapan hidup Indonesia lebih rendah, tetapi rata-rata usia mulai mengalami penyakit warga Singapura lebih lama dibandingkan Indonesia.

4 Tim Liga Champions Ini, Butuh Skor Penting Untuk Bisa Lolos

Valentino Rossi Kendala Motornya Masih Sama dengan Musim Lalu, Kesulitan Mendapatkan Daya Cengkeram

Adapun di Singapura, rata-rata usia harapan hidup mencapai 85 tahun sedangkan usia sehat mencapai 74 tahun.

“Sakit-sakitannya hampir sepuluh tahun. Makanannya bagus banget tapi akhirnya gak sehat artinya ada gaya hidup yang sudah berubah,” kata Nila.

Nila pun mengajak masyarakat untuk meningkatkan keseharan agar usia harapan hidup meningkat dan usia sakit berkurang dengan menyebutkan beberapa tips.

Diantaranya makan sehat seperti sayur dan buah-buahan, dan melakukan olahraga sekitar 30 menit.

“Kita ajak 30 menit olahraga, termasuk diri saya sendiri harus perilaku sehat makan makanan sehat sayur dan buah,” pungkas Nila.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Usia Harapan Hidup Masyarakat Indonesia Meningkat, Rata-rata 71 Tahun

Editor: Mona Triana
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved