Akses berita terupdate se-indonesia lewat aplikasi TRIBUNnews

Kota Padang

Pura-pura Test Drive, Pria Pengangguran di Padang Malah Bawa Kabur Motor yang Akan Dibelinya

Penulis: Rezi Azwar
Editor: Rahmadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Barang bukti satu unit sepeda motor warna merah putih yang diduga digelapkan inisial YP di Kota Padang, Sumbar, Selasa (29/11/2022).

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Polresta Padang menangkap pria berinisial YP (24) seorang pengangguran pelaku dugaan tindak pidana penggelapan sepeda motor di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Inisial YP merupakan warga Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Pria yang lahir pada bulan Juni ini diduga melakukan tindak pidana penggelapan dan diamankan pada hari yang sama, Selasa (29/11/2022).

Kasi Humas Polresta Padang, Ipda Yanti Delfina, mengatakan tindak kejahatan ini terjadi di Jalan By Pass KM 17, Kelurahan Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

"Pelaku menghubungi korbannya yang menjual satu unit sepeda motor Honda CBR 150 warna merah putih, yang diiklankan di marketplace Facebook," kata Ipda Yanti Delfina, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: Ambil Motor Orang yang Terjatuh Saat Tawuran, Seorang Perempuan Ditangkap Polisi di Padang

Kata dia, dikarenakan pelaku tertarik dengan sepeda motor yang dijual di media sosial, sehingga meminta nomor WhatsApp pemilik kendaraan atau korban.

"Inisial YP menghubungi dan melihat kondisi sepeda motor ke rumah korban di daerah Sungai Tarung, Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang," ujar Ipda Yanti Delfina.

Dikatakannya, modus pelaku adalah dengan mencoba mengendarai sepeda motor bersama korban berboncengan.

"Pelaku pun beralasan kalau sepeda motor mengalami banyak kekurangan, dan meminta untuk mencoba mengendarainya sendiri di jalan Raya By Pass Air Pacah," katanya.

Dikarenakan merasa curiga, korban meminta BPKB dan STNK kendaraan yang sempat dipegang oleh pelaku.

Baca juga: Cara Maling Motor di Padang Dapat Uang, Jual Hasil Curian ke Area Kebun Sawit dan Lokasi Terpencil

"Setelah surat-surat kendaraan diberikan pelaku kepada korban, inisial YP langsung mencoba sepeda motor korban yang akan dijual," katanya.

Ipda Yanti menyebutkan kalau inisial YP tidak kunjung kembali lagi sehingga korban menunggu selama 1,5 jam di Jalan By Pass Air Pacah.

"Akibat ulah pelaku, korban terpaksa dijemput oleh ibunya ke By Pass Air Pacah. Setelah itu barulah korban melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Padang," kata Ipda Yanti Delfina.

Hal itu sesuai Laporan Polisi Nomor : LP / B / 824 / XI / 2022 / SPKT /Polresta Padang/ Polda Sumatera Barat, tanggal 30 November 2022.

"Setelah dilaporkan, dengan cepat anggota mendapatkan informasi keberadaan pelaku di daerah Kota Bukittinggi," sebutnya.

Baca juga: Cerita Warga Korban Curanmor di Padang, Motor Dicuri dalam Rumah dan Dimaling 2 Hari Jelang Lebaran

Lebih lanjut, tim Klewang Sat Reskrim Polresta Padang berangkat ke Bukittinggi dan berkoordinasi dengan Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Bukittinggi.

"Pelaku diamankan bersama-sama di hotel Srikandi Bukittinggi. Barang bukti satu unit sepeda motor Honda CBR 150 warna merah putih dapat diamankan juga," katanya.

Kemudian pelaku dan barang bukti di bawa ke Polresta Padang untuk dilakukan pemeriksaan dan proses selanjutnya ke tingkat penyidikan.(TribunPadang.com/Rezi Azwar)

Berita Terkini