Akses berita terupdate se-indonesia lewat aplikasi TRIBUNnews

Kota Padang

Miko Kamal: Rakyat Semakin Kritis, Aparat Penegak Hukum Jangan Memain-mainkan Hukum, dan Keadilan

Editor: Emil Mahmud
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kegiatan dan suasana Peradi Goes to School (PGtS) seri ke 9 berjalan meriah dan interaktif pada Jumat (2/12/2022) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Padang.

AGENDA Peradi Goes to School (PGtS) seri ke 9 berjalan meriah dan interaktif pada Jumat (2/12/2022) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Padang.

Rilis yang diterima redaksi menyebutkan, Seri ke 9 ini diikuti sekitar 150 siswa yang berrasal dari SMKN 3, 6 dan 9.

PGtS seri ke 9 dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Dr Sadrianto dan sambutan dari perwakilan 3 sekolah yang diwakili oleh Kepala Sekolah SMKN 6 Padang Dra Sri Wirdani, MPd.

Dalam sambutannya, Dr Sadrianto menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPC Peradi Padang Miko Kamal, S.H., LL.M., PhD.

"Hal yang dilakukan oleh Peradi Cabang Padang ini adalah suatu upaya yang luar biasa dalam upaya membangun karakter generasi muda."

"Salah satu ciri manusia yang berkarakter adalah manusia yang taat terhadap hukum yang berlaku. Hari ini kita didatangi oleh advokat yang tergabung dalam Peradi Cabang Padang yang membantu kita mengenalkan hukum kepada generasi muda", kata Sadrianto.

"Kami berharap, kegiatan ini tidak hanya digelar di sekolah-sekolah di kota Padang, tapi juga sekolah-sekolah se Sumatera Barat", tambah Sadrianto.

Sementara itu, Sri Wirdani berharap para siswa yang mengikuti PGtS menjadi pionir penegakan hukum di sekolah dan lingkungan mereka masing-masing.

Pemateri pada PGtS seri ke 9 adalah Ketua DPC Peradi Padang Miko Kamal, S.H., LL.M., PhD dan Sekretaris Mevrizal, S.H., M.H. Mevrizal khusus menyampaikan materi terkait anak berhadapan dengan hukum.

Sedangkan, Miko menyampaikan materi tentang hukum tawuran, hukum ITE, hukum lalu lintas, hukum perundungan dan hukum kebersihan.

Kegiatan dan suasana Peradi Goes to School (PGtS) seri ke 9 berjalan meriah dan interaktif pada Jumat (2/12/2022) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Padang.

Dalam paparannya, Miko Kamal, yang juga doktor hukum lulusan Australia yang juga alumni SMA 7 Padang itu menyampaikan bahwa hukum dan penegakannya adalah prasyarat terwujudnya keteraturan sosial (social order).

"Salah satu ciri bangsa yang berperadaban tinggi adalah bangsa yang menghormati dan mematuhi hukum yang berlaku. Orang yang mematuhi hukum, dalam keseharian pasti menghargai sesama dan lingkungannya", kata Miko.

Di ujung kegiatan, peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan. Empat siswa tampil sebagai penanya.

Salah seorang penanya menyampaikan pertanyaan kritisnya: "Pak Miko, apa yang harus kita lakukan jika aparat penegak hukum tidak memberikan keadilan kepada orang yang menjadi korban tindak pidana", tanya salah seorang siswa peserta Peradi Goes to School (PGtS) seri ke 9 yang digelar di SMKN 9 Padang.

Halaman
12

Berita Terkini