Akses berita terupdate se-indonesia lewat aplikasi TRIBUNnews

Kota Solok

Kemah Karya Pramuka Madrasah di Padang Pariaman, Kota Solok Kirim 96 Peserta

Editor: afrizal
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Walikota Solok, H. Ramadhani Kirana Putra didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, H. Afrizal melepas keberangkatan peserta Kemah Karya Pramuka Madrasah (KKPM) menuju Asrama Haji Batang Anai Padang Pariaman dari halaman Kantor Kemenag Kota Solok, Rabu (28/9/2022).

Wakil Walikota Solok, H. Ramadhani Kirana Putra didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, H. Afrizal melepas keberangkatan peserta Kemah Karya Pramuka Madrasah (KKPM) menuju Asrama Haji Batang Anai Padang Pariaman dari halaman Kantor Kemenag Kota Solok, Rabu (28/9/2022).

Karya Pramuka Madrasah akan dilaksanakan selama tiga hari mulai Kamis – Minggu (29 September s.d 2 Oktober 2022).

Peserta dari Kota Solok berjumlah 96 orang termasuk pendamping, dengan perincian dari MIN berjumlah 24 orang, MTs berjumlah 36 orang, MA berjumlah 36 orang.

Perkiraan jumlah peserta se-Sumatera Barat adalah 1824 orang peserta.

Perlombaan yang akan dilaksanakan berupa Lomba Tapak Kemah, Lomba Tahfidz, Lomba Pentas Seni, Lomba Menanam Pohon, Lomba PBB, Lomba Khutbah dan Pidato Khusus Kepala Madrasah, dan Lomba Madrasah Expo.

Baca juga: Pendaftaran Calon Panwascam Se-Kota Solok Segera Ditutup

Gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah pembinaan generasi muda.

Kepramukaan sebagai wadah pendidikan luar sekolah dan diluar keluarga dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan.

KKPM tahun 2022 adalah kegiatan bagi pramuka penggalang dan penegak yang merupakan gabungan dari kegiatan karya dan bakti pramuka yang berpangkalan di madrasah.

Sehingga KKPM merupakan kegiatan pertemuan besar dalam berbagai aktivitas yang bersifat aktif, kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan.

Wawako Solok, H. Ramadhani Kirana Putra dalam sambutannya mengucapkan selamat mengikuti perkemahan bagi para peserta KKPM 2022 dan diharapkan kepada peserta untuk bisa mengikuti semua rangkaian kegiatan perkemahan dengan baik.

“Pramuka merupakan pemuda yang tangguh dan bisa dibawa kemana saja mempunyai jiwa organisasi yang tinggi. Komunikasi yang baik dan mempunyai semangat juang yang besar, semoga peserta perkemahan bisa membawa nama harum Kemenag Kota Solok khususnya dan Kota Solok pada umumnya,” ucap Wawako.

Baca juga: Event Rang Solok Baralek Gadang Berjalan Sukses, Mahyeldi: Ini Buah dari Kekompakan dan Kolaborasi

Kegiatan pramuka ini, merupakan kegiatan ekstra Kurikuler yang sangat mumpuni dalam membentuk watak dan kepribadian peserta didik. Yang akhir akhir sangat sering kita saksikan perilaku ‘menyimpang’ para pelajar dan kawula muda pada umumnya, ungkap Dhani.

Selanjutnya Dhani, memotivasi seluruh peserta dengan berharap diantara peserta ini kelak ada yang menjadi Wakil Walikota/Bupati, Walikota/Bupati hingga Wakil Gubernur dan Gubernur. Harapan itu disambut seluruh peserta dengan ucapan Aamiin dan tepuh tangan yang riuh.

Sementara Kepala Kankemenag Kota Solok H. Afrizal Thaib berpesan kepada seluruh peserta untuk selalu menjaga kesehatan dan berupaya tampil maksimal dalam setiap cabang lomba yang diselenggarakan.

Lebih lanjut H. Afrizal menyampaikan bahwa tugas peserta hanya tampil maksimal, sedang soal hasil itu merupakan urusan belakangan dan kepada pembina pendamping ia berharap untuk menjaga keselamatan anak-anak dan melatih serta mendampingi mereka semaksimal mungkin.

Kakan Kemenag menambahkan, KKPM tahun 2022 merupakan sarana dalam membina dan mengembangkan persaudaraan di kalangan Pramuka Penggalang dan Penegak yang berpangkalan di Madrasah dalam bentuk perkemahan.

Menandai pelepasan peserta, dilakukan pemasangan topi dan baret pramuka secara simbolis kepada perwakilan pramuka Ma, MTs dan MI. Kegiatan dipandu langsung Plt. Kasi Pendidikan Madrasah, Irawadi Uska, dihadiri Kasi Pd Pontren, Kasi PAIS, Kepala Madrasah se-Kota solok dan ASN di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Solok. (rls)