Berita Padang Hari Ini

PKL di Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang Ditertibkan, Alfiadi: Akses Jalan di Lokasi Sering Macet

Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Satpol PP Kota Padang saat mendatangi pedagang kaki lima atau PKL di Jembatan Siti Nurbaya, Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Rabu (27/10/2021).

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Pedagang kaki lima (PKL) yang diduga mengganggu akses lalu lintas dan pejalan kaki di Jembatan Siti Nurbaya diberikan surat panggilan oleh Satpol PP Kota Padang.

Hingga saat ini pihak Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Kota Padang berencana melakukan penataan pedagang di kawasan Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang.

Hal itu dikarenakan Jembatan Siti Nurbaya adalah salah satu icon wisata Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kasat Pol PP Kota Padang, Alfiadi, mengatakan lokasi Jembatan Siti Nurbaya sudah seharusnya ditata secara baik sesuai fungsinya. 

"Selama ini terlihat sisi kiri dan kanan Jembatan Siti Nurbaya dipenuhi oleh PKL yang berjualan setiap malam," kata Alfiadi, Kamis (28/10/2021).

Baca juga: Menikmati Indahnya Suasana Malam Kota Padang dari Atas Jembatan Siti Nurbaya

Ia mengatakan, berjualan di kawasan tersebut merupakan sebuah pelanggaran dan membuat hilangnya keindahan dari Jembatan Siti Nurbaya ini.

"Bahkan akses jalan di lokasi ini sering macet diakibatkan banyaknya kendaraan yang parkir di sepanjang badan jembatan," katanya.

Para PKL ini menempati trotoar sehingga akses untuk pejalan kaki tidak ada, padahal trotoar itu diperuntukkan untuk pejalan kaki.  

"Jembatan dibuat untuk dilewati bukan menetap, jadi bebannya tidak dirancang untuk beban berat dalam waktu lama. Itulah yang membuat jembatan tersebut umurnya lebih pendek," ujarnya.

Dalam rangka penegakan Peraturan Satpol PP Padang telah memanggil pihak PKL dalam rangka sosialisasi untuk kedepannya.

Baca juga: Bank Nagari Gandeng PKL Pasar Raya Padang, Launching Program Kredit Tanpa Agunan

Satpol PP Kota Padang saat mendatangi pedagang kaki lima atau PKL di Jembatan Siti Nurbaya, Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Rabu (27/10/2021). (ISTIMEWA)

Baca juga: Satpol PP Padang Bongkar Paksa Lapak PKL, Meja hingga Gerobak Diangkut

Satpol PP Kota Padang akan melakukan pemanggilan kepada seluruh PKL yang ada dilokasi jembatan tersebut pada Jumat (29/10/2021) pekan ini.

Surat panggilan telah diberikan kepada Seluruh Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan dilokasi, pada Rabu (27/10/2021) malam.

"Kedepan Jembatan ini akan disterilkan dari PKL, jembatan ini kita kembalikan kepada Fungsinya," ujarnya.

Pemanggilan kepada seluruh PKL adalah sosialisasi kepada mereka, karena lokasi ini akan disterilkan, maka perlu upaya secara persuasif untuk penertibannya.

“Seluruh PKL di kawasan jembatan Siti Nurbaya akan kita panggil, kita lakukan sosialisasi serta PKL akan membuat surat pernyataan di atas materai,” katanya.(TribunPadang.com/Rezi Azwar)