Berita Pemko Pariaman

Genius Umar Bertekad Ubah Wajah Selatan Kota Pariaman, Kembangkan Program Water Front City

Penulis: Wahyu Bahar
Editor: Emil Mahmud
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wali Kota Pariaman Genius Umar saat pembangunan awal program Water Front City di Sungai Batang Mangau, Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Provinsi Sumbar, Selasa (19/10/2021).

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN - Dalam dekat posisi daerah di bantaran sungai di Selatan Kota Pariaman akan disulap menjadi kawasan Water Front City, atau konsep kota tepi air.

Hal tersebut tengah digiatkan Pemerintah Kota Pariaman seperti yang dicanangkan Wali Kota Pariaman Genius Umar baru-baru ini.

Dalam kondisi keterbatasan anggaran, langkah awal yang digalakkan Genius Umar ialah membebaskan lahan sepanjang 6 kilo meter/Km, dan sudah disetujui oleh masyarakat disekitar bantaran Sungai Batang Mangau.

Genius Umar mengatakan, rencana pembangunan jalan dengan konsep Water Front City tersebut ialah disepanjang bantaran sungai dari Pantai Sunur hingga ke Kurai Taji.

Baca juga: Wako Pariaman Genius Umar Serahkan Bantuan Bibit Tanaman untuk Masyarakat Desa Tanjung Sabar

Baca juga: BMKG - Peringatan Dini Gelombang Tinggi: Rabu, 20 Oktober 2021: Perairan Mentawai hingga 4 Meter

Adapun cara-cara yang ditempuh saat ini ialah dengan mengajak ASN serta masyarakat untuk bergotong-royong.

"Sudah hampir satu minggu kami bergotong-royong, Pemko bersama pihak kecamatan, pihak desa, hingga  masyarakat membuat jalan Water Front City dari Pantai sunur hingga ke kurai taji," ujar Genius Umar pada Selasa (19/10/2021).

Wali kota Genius Umar menyampaikan, bahwa pembersihan lahan jalan water front city di Pariaman Selatan ini sudah sudah diselesaikan sekira 4 kilo meter.

"Sudah diselesaikan 4 kilo meter, alhamdulillah tidak banyak kendala, karena masyarakat suka rela menyerahkan tanahnya untuk pembangunan jalan Water Front City," lanjut Genius Umar.

Yakni dengan mengubah tepian sungai yang sebelumnya tidak tertata, program Water Front City kata Genius sangat tepat untuk direaliasikan disana, lantaran kebermanfaatannya dimasa mendatang.

Genius Umar beranggapan Water Front City akan membawa nilai tambah di sektor wisata dan perekonomian.

Halaman
12