Bagaimana Cara Melakukan Pembulatan Bilangan Desimal ke Perseratus?

Editor: Saridal Maijar
Bagaimana Cara Melakukan Pembulatan Bilangan Desimal ke Perseratus?

TRIBUNPADANG.COM - Bagaimana cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke perseratus?

Pertanyaan tersebut merupakan soal Buku Tema 3 Kelas 4 SD/MI halaman 14, Pembelajaran 2 Subtema 1 yang berjudul Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku.

Subtema 1 ini merupakan bagian dari Buku Tema 3 berjudul Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Berikut pertanyaan dan kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 halaman 14:

Bagaimana cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke perseratus?

Jawaban:

Aturan pembulatan untuk ke perseratusan terdekat, apabila angka pada perseribuan kurang dari 5 maka pembulatannya turun artinya perseribuannya kita anggap nol dan angka perseratusannya tetap, namun apabila angka pada perseribuan 5 atau lebih dari 5 maka pembulatannya ke atas artinya angka perseratusannya kita tambah 1.

Klik Jawaban Lengkapnya DI SINI

Sebelumnya kamu sudah belajar tentang tanaman padi. Betapa banyak manfaat padi. Sebagian besar orang Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan utama. Begitu juga Beni. Beni makan nasi sebagai makanan pokoknya.

Setiap hari Beni, Adik, dan kedua orang tuanya selalu makan malam bersama. Di keluarga Beni semua orang diberi kesempatan untuk mengambil nasi sendiri. Ibu Beni selalu berpesan, ambil secukupnya.

Adik Beni, sering tidak menghabiskan nasinya. Alasannya karena ia sudah kenyang. Sering kali Ibu mengingatkannya. Namun, adik Beni belum juga mau menghabiskannya.

Berbeda dengan adiknya, Beni selalu menghabiskan makanannya. Dia selalu mengambil secukupnya.

Diskusikan dengan kelompokmu. (*)