Sandiaga Uno di Sumbar

Kemenparekraf RI Diminta Backup Penyelenggaraan, Festival Tabuik & Pariaman International Triathlon

Ilustrasi: Massa pengunjung memadati Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) saat menyaksikan acara puncak; Hoyak Tabuik pada Minggu (15/9/2019) silam.

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN - Wali Kota Pariaman, Genius Umar menginginkan Festival Tabuik dapat dibackup langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Harapan Wali kota Genius Umar itu disampaikannya saat menyambut kunjungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno di Desa wisata Tungkal Selatan, Kota Pariaman,  Jumat (23/4/2021) lalu.

Keinginan Genius Umar memang beralasan, karena Festival Tabuik, yang biasanya digelar di Pariaman memiliki potensi yang luar biasa pengaruhnya.

Sejauh ini Kota Pariaman selalu relatif ramai dikunjungi oleh wisatawan, kemudian dilirik banyak pihak utamanya saat berlangsung Festival Tabuik tersebut.

Genius Umar memperkirakan, rata-rata jumlah kunjungan wisata setiap digelarnya Festival Ttabuik, biasanya mencapai 100 ribu orang.

"Untuk tahun 2021 ini, karena pada masa pandemi (Covid-19), Festival Tabuik bisa disaksikan langsung maksimal 500 orang, diperbanyak lewat tayangan virtual," ucap Genius Umar.

Senada dengan itu, event besar lainnya juga diharapkan dapat dibackup secara penuh oleh pihak kementerian (Kemenparekraf RI), termasuk ajang atau event; Pariaman Internasional Triathlon.

Dua Tabuik, yaitu Tabuik Psa dan Tabuik Subarang berdiri megah di pinggir Pantai Gandoriah, dan disaksikan ratusan ribu pengunjung dan masyarakat pada ivent Tabuik Pariaman yang dilaksanakan di bulan Muharram setiap tahunya (ISTIMEWA/DOK.DISKOMINFO PARIAMAN)

Baca juga: Dikunjungi Sandiaga Uno di Pariaman, Genius Umar Beberkan Sarana Wisata yang Perlu Diperbaiki

Baca juga: Asyik Main Talempong Deni Tiba-tiba Didatangi Sandiaga Uno, Tak Sengaja Pukul Tangan Menparekraf

Pariaman International Thriatlon

Pariaman International Triathlon, Agustus 2021 mendatang yang telah digelar semenjak Tahun 2014 hingga 2021 Indonesia Triathlon Cities masuk ke dalam Calender of Event (COE) Nasional.

Halaman
12

Berita Populer