Sandiaga Uno di Sumbar

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Pengemasan Wisata Minangkabau, Kembangkan PDIKM Jadi Lebih Menarik 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno Mengenakan Baju Adat Minangkabau

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mendukung pengemasan wisata di Minangkabau semenarik mungkin untuk mendukung kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat berkunjung ke Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) di Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat pada, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Rasakan Sensasi Kenakan Pakaian Adat Minangkabau di PDIKM Padang Panjang

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Sumbar, Tinjau Kawasan Wisata dan Ekonomi Kreatif Sejumlah Daerah 

Baca juga: Tiba di Sumbar, Menparekraf Sandiaga Uno Dijadwalkan ke Padang Panjang, Ini Agendanya

"Di hari Kartini 21 April ini, saya sangat berbahagia mengunjungi The Gate of Minangkabau atau disebutnya Museum Pusniarifin atau Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan (PDIKM)," ujar Sandiaga Uno.

Ia menyebutkan akan mengembangkan museum tersebut lebih menarik dan dengan naratif yang mudah dimengerti dengan menggambarkan sejarah di tanah Minangkabau.

"Tadi kita lihat baik yang sudah ada sejarah-sejarah dan foto-foto yang rencananya kita lengkapi dengan story telling dan stroy economy."

"Tapi yang kedua juga adalah rencana Pak Wali Kota yang hendak membuat rest area terintegrasi dengan fantasy land atau Minang Fantasy," tambah Sandiaga Uno.

Baca juga: Temui Sandiaga Uno, Genius Umar Ulas Konsep Percepatan Pariwisata dan Pemulihan Ekonomi Pariaman

Baca juga: Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Temui Sandiaga Uno di Jakarta Bahas Pelaksanaan TdS 2021 

Baca juga: Bahas Pelaksanaan TdS 2021 Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Temui Sandiaga Uno di Jakarta

PDIKM seluas 15 hektar, katanya, sebagian sudah dikelola. Sementara sebagiannya lagi 2,5 hektar akan diundang investor untuk pengembangan. 

Kata Sandiaga Uno hal tersebut merupakan tugas dan fungsi Kemenparekraf untuk membantu mengemas pariwisata di Sumatera Barat lebih baik lagi.

"Di deputi bidang industri dan investasi kita akan bekerja sama langsung untuk menjaring minat para investor untuk mengelola sesuai trend terbaru pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk di sini Padang Panjang dikenal dengan Serambi Mekkah," ungkap Sandiaga Uno.

Baca juga: Genius Umar Silaturahmi dengan Sandiaga Uno, Wali Kota Pariaman Minta Dukungan Menparekraf RI

Baca juga: Sandiaga Uno Unggah Momentum Bersama Syekh Ali Jaber di Instagram, Saling Berpelukan Erat

Baca juga: Daftar 6 Menteri Baru yang Ditunjuk Jokowi, Sandiaga Uno Gantikan Wishnutama, Risma jadi Mensos

Ia menyebutkan wisata Sumatera Barat diharapkan dapat meningkatkan kualitas ekonomi dan lingkungan serta menghasilkan generasi muda berakhlak mulia dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

"Saya tidak pernah lupa, 2019 saya lewat, ada Diniyyah Putri tertua yang menjadi acuan pendidikan yang menghasilkan generasi masa depan berakhlak. The Gate of Minangkabau ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan keberlanjutan lingkungan," tandas Sandiaga Uno. (*)

Berita Populer