Kabupaten Sijunjung

Petugas Sicantik Nagari Palaluar Dilepas Bupati Sijunjung, Prioritas Utama Palaluar dalam Angka

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir secara resmi melepas petugas pendataan Sistem Informasi Data Nagari Cinta Statistik (Sicantik) di Nagari Palaluar,

Istimewa
Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di Nagari Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, Selasa (6/12/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, SIJUNJUNG - Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir secara resmi melepas petugas pendataan Sistem Informasi Data Nagari Cinta Statistik (Sicantik) di Nagari Palaluar, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (6/12/2022).

Nagari Palaluar akan menjadi nagari pertama yang melakukan pendataan di Kabupaten Sijunjung.

Diketahui, dalam melakukan pendataan di Nagari Palaluar akan mengerahkan 45 petugas.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir  menyebut, melalui data yang bersifat Bottom Up (dari bawah), nagari akan menjadi basis data yang akan disinkronkan dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mewujudkan data, sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia.

"Dengan ini, semoga dapat memberi semangat untuk nagari statistik lain dan semua nagari agar menjadi basis penyediaan data, untuk mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI) sesuai peraturan presiden nomor 39 tahun 2019," ungkapnya.

Baca juga: Wujudkan Desa Cinta Statistik, BPS Bukittinggi Gelar Workshop untuk 24 Kelurahan

Baca juga: Sijunjung Raih Peringkat Pertama Championship TP2DD Wilayah Sumatera Kategori Kabupaten

Selanjutnya, Benny meminta komitmen kepada seluruh wali nagari, operator data dan pencacah untuk berperan aktif dan bersinergi dengan BPS dan Diskominfo untuk mewujudkan Sijunjung sebagai kabupaten statistik pada tahun 2023.

"Untuk para pencacah agar melaksanakan pendataan dengan serius dan sesuai dengan fakta di lapangan, semoga pencacahan ini memberikan hasil yang baik untuk pengelola data pembangunan Sijunjung kedepan," ujar Benny.

Sementara, Kepala BPS Sijunjung Riqadli berharap, dukungan semua pihak dalam mewujudkan satu data nagari, Satu Data Indonesia sebagai dasar penentuan kebijakan bagi kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap, nagari berperan penting dalam evaluasi dan perencanaan pembangunan," tutur Riqadli.

Selanjutnya, Wali Nagari Palaluar Ebid Diana Putra mengatakan, untuk mewujudkan visi dan misi Nagari Palaluar kami memiliki 7 program prioritas, paling utama adalah "palaluar dalam angka".

"Hal ini bukti bahwa kami concern dengan data, untuk itu, terima kasih kepada Kadis Kominfo, Kepala BPS yang telah banyak membantu, dan memfasilitasi Nagari Palaluar," ucap Wali Nagari Palaluar itu. (TribunPadang.com/Hafiz Ibnu Marsal)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved