Anies Baswedan ke Sumbar

Anies Baswedan Singgah ke INS Kayu Tanam Sumbar dan Berziarah ke Makam M. Sjafei

Usai mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Anies Baswedan kemudian bertolak ke Indonesisch Nederlandsche School (INS) Kayu Tanam Padang

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: Rizka Desri Yusfita
TRIBUNPADANG.COM/WAHYU BAHAR
Anies Baswedan saat berziarah ke makam M. Sjafei pendiri INS Kayu Tanam Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (3/12/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG PARIAMAN - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Ranah Minang Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (3/12/2022).

Usai mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Anies Baswedan kemudian bertolak ke Indonesisch Nederlandsche School (INS) Kayu Tanam Padang Pariaman.

Anies sempat menyicip durian di salah satu food court di kawasan INS Kayu Tanam, setelahnya berziarah ke makam M. Sjafei pendiri INS Kayu Tanam.

Baca juga: Anies Baswedan Presiden Menggema di BIM Padang Pariaman, Anies: Masyarakat Sumbar Luar Biasa

Anies menyebut, INS Kayu Tanam ialah sebuah lembaga pendidikan yang punya peranan luar biasa mencerdaskan rakyat di masa pra kemerdekaan.

"Engku Sjafei punya konsep pendidikan yang mengedepankan kemandirian, semua lulusannya tidak ada yang berkolaborasi dengan kolonial, tak ada yang bekerja untuk kolonial," ujar Anies kepada wartawan.

Lebih lanjut kata dia, INS ialah lembaga pendidikan yang menghasilkan pejuang-pejuang masa lalu.

"Saya datang untuk berziarah ke makam Engku Sjafei karena menghormatinya," lanjut dia.

Baca juga: Anies Baswedan Tiba di Ranah Minang, Terminal VIP BIM Dipadati Pendukung dan Warga

Kemudian, Anies menyebut INS salah satu contoh bagi lembaga pendidikan lainnya, karena mengedepankan kemandirian, keterbukaan atas kemajuan yang di masa lalu sangat menonjol.

Dilansir Kompas.com, Indonesisch Nederlandsche School (INS) Kayu Tanam merupakan institusi pendidikan alternatif yang didirikan oleh Mohammad Sjafei.

INS Kayu Tanam berdiri pada 31 Oktober 1926 di Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Pendirian INS Kayu Tanam tidak terlepas dari penerapan pendidikan diskriminatif oleh pemerintah kolonial Belanda pada awal abad ke-20 Masehi.

Baca juga: Anies Baswedan Presiden Menggema di BIM Padang Pariaman, Anies: Masyarakat Sumbar Luar Biasa

Dalam buku Sejarah Pendidikan (1983) karya Sutari Imam Barnadib, pendirian INS Kayu Tanam adalah bentuk perlawanan dari Moh. Sjafei terhadap sistem pendidikan di sekolah-sekolah pemerintah kolonial Belanda.

Diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (3/12/2022) pukul 15.30 WIB.

Kedatangan Anies disambut riuhnya kader NasDem di Sumbar, relawan hingga warga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved