Kabupaten Solok

Dinilai Kolaboratif Kembangkan UMKM, Pemkab Solok Diganjar Penghargaan dari BI Sumbar

BI Perwakilan Sumbar menilai DKUKMPP Kabupaten Solok telah menjalan fungsinya dengan baik dalam memfasilitasi UKM dalam berusaha.

Penulis: Nandito Putra | Editor: Rahmadi
istimewa
Kepala DKUKMPP Kabupaten Solok menerima penghargaan dari Bank Indonesia perwakilan Sumatera Barat dalam hal Pemda terkolaboratif dalam pengembangan UMKM di tahun 2022, Rabu (30/11/2022) 

TRIBUNPADANG.COM, SOLOK - Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Solok, menerima penghargaan dari Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (30/11/2022).

Penghargaan tersebut diberikan BI Perwakilan Sumbar kepada Pemkab Solok karena dinilai sebagai Pemerintah Daerah pendukung UMKM terkolaboratif wilayah Sumbar tahun 2022.

BI menilai DKUKMPP Kabupaten Solok telah menjalan fungsinya dengan baik dalam memfasilitasi UKM dalam berusaha.

"Seperti melalui fasilitasi perizinan, pelatihan, dan bantuan peralatan, dalam pelaksanaannya," kata Kadis DKUKMPP Ahpi Gusta Tusri, Kamis (1/12/2022).

Ia mengatakan, BI berperan besar dalam membantu Pemda untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: BI Sumbar Buka Layanan Kas Keliling, Penukaran Uang Baru Lewat Aplikasi Pintar

"Terlebih, BI perwakilan provinsi Sumbar sangat konsisten dalam menggeluti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)," kata dia.

Ia mengapresiasi sinergi BI dengan Pemda dan semua pemangku kepentingan dalam membangun daerah.

"Sinergi yang ditunjukkan BI sangat berarti dalam membangun Kabupaten Solok,” ungkapnya.

Dia berharap dukungan BI dalam mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Solok, Mambangkik Batang Tarandam dan menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumbar.

“Kami berterima kasih kepada BI yang konsisten membantu tumbuh kembang UMKM yang kemudian bisa membuka lapangan kerja yang baru serta memberikan manfaat bagi Kabupaten Solok,”katanya.

Baca juga: Direktur PLN Darmawan Prasodjo Raih Penghargaan _Excellent Leader of the Year

Sementara itu, Kepala Bidang UKM Ria Danareka mengklaim, pada tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok Sangat meningkat terutama sektor UMKM, perdagangan, industri dan pengolahan sebagai sektor unggulan.

Ia menilai, terakselerasinya ekonomi Kabupaten Solok merupakan cerminan bahwa pada sektor usaha kembali bergairah dan menunjukkan pemulihan.

"Menurut pandangan kami, perbaikan ini masih terus dapat dioptimalkan melihat tingkat partisipasi angkatan kerja kita yang menunjukkan tren kenaikan pada tahun 2022,” katanya.(TribunPadang.com/Nandito Putra)

 

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved