Kabupaten Sijunjung

Penghasil Menggis Terbesar di Indonesia, Petani di Sijunjung Terkendala Pemasaran

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir mengharapkan komoditas manggis mendongkrak ekonomi masyarakat Sijunjung. Komoditas manggis Sijunjung masih ...

Istimewa
Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, harapan manggis jadi komoditas yang dongkrak ekonomi masyarakat Sijunjung, Selasa (29/11/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, SIJUNJUNG - Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir mengharapkan komoditas manggis mendongkrak ekonomi masyarakat Sijunjung.

"Kabupaten Sijunjung merupakan penghasil manggis terbesar di Indonesia, untuk itu kami berharap komoditas ini menjadi peningkat ekonomi masyarakat," ungkapnya kepada TribunPadang.com, Selasa (29/11/2022).

Kata Benny, komoditas manggis Sijunjung masih terkendala karena saat ini mengandalkan daerah lain untuk memasarkan manggis tersebut.

"Saat ini kami belum bisa secara mandiri untuk melakukan pemasaran langsung, hasil manggis dari masyarakat masih dijual kepada tauke dari daerah lain," ujar Benny Dwifa Yuswir.

Ia menambahkan, dengan bantuan dari pihak provinsi dan Kementrian, Kabupaten Sijunjung bisa memaksimalkan potensi manggis ini secara maksimal.

Baca juga: Kunjungi Kabupaten Sijunjung, Wamentan RI Usahakan Ekspor Komoditas Manggis

Baca juga: Nilai Ekspor Manggis Sumbar di 2022 Menurun Dibanding Tahun Lalu, Ekspor Hanya ke Negara China

"Nantinya, masyarakat yang memiliki manggis, bisa benar-benar menuai hasil yang maksimal, sehingga bisa mendongkrak ekonomi," imbuh Bupati Sijunjung itu.

Diketahui, Kabupaten Sijunjung memiliki lahan sekira 10 hektar untuk pertanian sawah.

"Itu baru untuk sawah, masih banyak lahan tidur di Sijunjung yang nantinya akan digarap untuk komoditas lainnya" tutur Benny.

Selain itu, Kabupaten Sijunjung juga memiliki hasil pertanian unggulan lain, yaitu padi lampai sirandah.

"Padi lampai sirandah ini merupakan varietas padi unggulan Sijunjung, nantinya juga akan kami lakukan pelabelan untuk pemasaran langsung dari Kabupaten Sijunjung," terangnya.

Dikatakannya, pertanian menjadi sektor pendukung dalam ketahanan pangan. (TribunPadang.com/Hafiz Ibnu Marsal)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved