Kabupaten Pesisir Selatan

Aliran Batang Air Haji Pesisir Selatan Meluap, Jalan Macet dan Rumah Warga Terendam Banjir 60 Cm

Banjir terjadi akibat meluapnya aliran sungai Air Haji akibat hujan turun mengguyur kawasan tersebut dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Rahmadi
istimewa
Akibat meluapnya aliran sungai Batang Air Haji, membuat kemacetan panjang dan rumah warga terkena dampak banjir, Rabu (23/11/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Banjir melanda kawasan Kampung Durian Pandan, Nagari Air Haji Barat, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (23/11/2022).

Banjir ini terjadi akibat meluapnya aliran sungai akibat hujan yang turun mengguyur kawasan tersebut dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Bobby Rahmadian, salah satu warga menyebutkan hujan terjadi sejak pagi sampai siang hari.

"Banjir terjadi akibat meluapnya aliran sungai Batang Air Haji sehingga menyebabkan kemacetan panjang dan merendam rumah warga dengan ketinggian 50 sampai 60 cm," kata Bobby Rahmadian.

Masyarakat khawatir pada saat air memenuhi badan jalan dan dilewati oleh kendaraan besar seperti truk akan membuat gelombang yang membuat kondisi rumah warga menjadi semakin parah.

Baca juga: Puncak Musim Hujan Akhir November, BPBD Sumbar: Waspada Banjir dan Tanah Longsor

"Saat ini masyarakat sedang sibuk menyelamatkan barang-barang dikarenakan banjir ini belum ada tanda-tanda surutnya, walaupun hujan sudah reda, karena pada arah bagian hulu masih gelap," ujarnya.

Kata dia, dikarenakan luapan sungai ini cukup tinggi dan terpaksa warga yang sedang sakit harus dievakuasi ke tempat yang tinggi dan aman.

"Kondisi meluapnya aliran sungai ini sudah berlangsung selama dua jam, biasanya akan surut dalam waktu empat atau lima jam. Itu kalau tidak ada hujan susulan, karena terjadi lagi akan bertambah debit air," katanya.

Ia menyebutkan, kawasan ini selalu dilanda banjir setiap tahun sebanyaknya tiga kali dan diharapkannya ada tindak lanjut penanganan dari pemerintah seperti normalisasi aliran sungai Batang Air Haji. (TribunPadang.com/Rezi Azwar)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved