Cuaca Sumbar Hari Ini

Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Solok Ingatkan Masyarakat untuk Tingkatkan Kewaspadaan

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Armen, mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan hadapi bencana.

TribunPadang.com
Ilustrasi hujan - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Armen, mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi risiko bencana. 

TRIBUNPADANG.COM, SOLOK- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Armen, mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi risiko bencana.

Armen mengatakan, intensitas hujan dalam dua hari ini berpotensi memicu terjadinya bencana hidrometeorologi.

"Diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Solok untuk selalu waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi perubahan iklim," kata Armen kepada Tribunpadang.com, Minggu (13/11/2022).

Baca juga: Cuaca Sumbar, Peringatan Dini Hujan serta Angin Kencang Dari Siang, hingga Malam Hari

Baca juga: Hujan Lebat Guyur Kota Padang Sejak Siang, Peringatan BMKG: Waspada Banjir dan Tanah longsor

Menurut Armen, sejumlah kecamatan di Kabupaten Solok memiliki risiko terjadi bencana akibat intensitas curah hujan.

Dia mengatakan, kecamatan yang rawan bencana tersebut umumnya memiliki kontur yang curam, seperti Tigo Lurah, Gunung Talang dan Kecamatan Kubung.

Kemudian sejumlah nagari di Kecamatan Payung Sekaki, Pantai Cermin dan Lembang Jaya, kata Armen, juga rawan terjadi bencana.

"Untuk nagari-nagari yang dilewati daerah aliran sungai (DAS), kami minta untuk tetap waspada karena peningkatan debit air sungai," imbaunya.

Untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat, BPBD Kabupaten Solok juga memasang rambu-rambu peringatan rawan bencana di sejumlah titik.

"BPBD juga memberikan Informasi, sosialisasi serta pembinaan terhadap stakeholder kebencanaan. Penanggulangan bencana adalah tanggung jawab bersama," pungkas Armen. (*)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved