Kota Padang Panjang

Kota Padang Panjang bakal Punya Sport Center di Lahan Seluas 5,7 Ha, Kedalaman Pondasi Lebih 8 Meter

Pemerintah Kota Padang Panjang bakal membangun sport center di lahan seluas 5,7 hektar.

Penulis: Alif Ilham Fajriadi | Editor: afrizal
TribunPadang.com/Alif Ilham Fajriadi
Pemerintah Kota Padang Panjang beserta jajaran serta tim pembangunan sport center, sedang melakukan peninjauan lokasi pembangunan, Senin (10/10/2022). Sport center tersebut bakal dibangun di lahan seluas 5,7 hektar. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG PANJANG - Pemerintah Kota Padang Panjang bakal membangun sport center di lahan seluas 5,7 hektar.

Sport center tersebut, ternyata telah direncanakan proses pembuatannya sejak 2019 lalu.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Padang Panjang, Maiharman mengatakan, sudah melakukan banyak langkah dan tahap sejak 2019, seperti pemilihan lahan, lokasi dan penetapan harga pasar.

"Proses ini telah kita mulai sejak 2019 lalu, dan itu waktu yang panjang serta matang untuk proses pembangunan sport center ini," katanya di acara peresmian pembangunan sport center itu, Senin (10/10/2022).

Maiharman menjelaskan, pembangunan sport center tersebut, akan dibangun di lahan seluas 5,7 hektar. 

Baca juga: Pembangunan Sport Center Padang Panjang Dimulai, Ditargetkan Selesai Sebelum Porprov

Lahan itu, kata Maiharman adalah lahan yang sudah tidak produktif lagi.

"Kita juga telah melakukan kajian lingkungan, sosialisasi dengan masyarakat juga dan berbagai tokoh adat di Padang Panjang ini," pungkas Maiharman.

Diketahui, tender untuk dilakukannya pembangunan sport center itu didapatkan oleh PT Tureloto Batu Indah Padang, dengan harga hasil lelang Rp61 miliar.

Kepala Cabang PT Tureloto Batu Indah Padang, Mochamad Ilham Fadilah menjelaskan, untuk pembangunan pondasi akan dilakukan dengan kedalaman lebih dari delapan meter.

Terkait dengan lahan, Mochamad menyampaikan, kesulitan utama mereka adalah proses pembangunan di lokasi yang kadar lumpurnya tinggi.

Baca juga: Satu-satunya di Sumbar, Pemko Padang Panjang Boyong Tiga Kategori BKN Award

"Di lokasi yang akan dibangun sport center ini, terdapat dua kultur tanah, ada yang kadar lumpur dan airnya tinggi. Ada juga yang tanah perbukitan," jelas Mochamad.

Pada tanah dengan kultur perbukitan, akan mudah untuk proses pembangunannya, karena tinggal ditimbun saja.

Namun, bagi tanah dengan kadar lumpur tinggi, perlu dilakukan proses pengurangan kadar air dan lumpurnya.

"Tantangannya adalah, bagaimana caranya kadar air dan kadar lumpur di area tersebut bisa keluar. Supaya kami juga tahu keadaan tanah tersebut," tutur Mochamad.

Terkait pembangunan, Mochamad mengatakan, akan dibangun gedung serbaguna, kantor pengelola boling, serta venue outdoor lainnya.

"Akan ada lapangan basket, volly ball, hingga skatepark juga bakal ada," pungkas Mochamad. (TribunPadang.com/Alif Ilham Fajriadi)

 

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved