Komunitas Seni Belanak Pameran di Pekan Kebudayaan 2022, Bawa Konsep Gambar Anak-anak

Pekan Kebudayaan Daerah 2022 dimeriahkan juga dengan kehadiran pameran seni rupa yang digarap oleh para seniman di Sumatera Barat

Penulis: Alif Ilham Fajriadi | Editor: Mona Triana
TribunPadang.com/Alif Ilham Fajriadi
Suasana di stan Komunitas Seni Belanak pada Pekan Kebudayaan Daerah 2022. Komunitas Seni Belanak menghadirkan konsep karya dengan gambar anak-anak, pengunjung boleh ikut terlibat, Senin (3/9/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Pekan Kebudayaan Daerah 2022 dimeriahkan juga dengan kehadiran pameran seni rupa yang digarap oleh para seniman di Sumatera Barat.

Pameran seni rupa itu berlangsung sejak 1 hingga 5 Oktober 2022 di Galeri Pameran Taman Budaya Sumatera Barat

Galeri tersebut dibuka untuk umum dan gratis.

Dalam pantauan TribunPadang.com, terdapat banyak seniman dan komunitas seni yang ikut berpartisipasi untuk memamerkan karyanya di Galeri Pameran Taman Budaya itu.

Salah satunya adalah Komunitas Seni Belanak, mereka membawa konsep ruang bermain anak untuk bisa dinikmati semua kalangan.

Baca juga: Pekan Kebudayaan Daerah Sumbar Dimulai 1 Oktober 2021, Ada Pertunjukan Kontemporer dan Multikultural

Anggota Komunitas Seni Belanak, Indra Gunawan mengatakan, pada Pekan Kebudayaan Daerah 2022 tersebut Komunitas Seni Belanak ingin berinteraksi lebih dekat dengan pengunjung.

"Karya yang kami pamerkan berbentuk instalasi, dan bisa diakses oleh masyarakat umum. Audiens bisa ikut berpartisipasi juga dalam karya yang dipajang," kata pria yang akrab disapa Gunawan itu, Senin (3/10/2022).

Gunawan menginginkan, pengunjung bisa ikut juga merespons karya yang Komunitas Seni Belanak pamerkan, tanpa harus melihat-lihat saja.

"Belanak ingin membangun ruang bagi pengunjung, kami melakukannya dengan cara menyediakan tempat menggambar di stan karya ini, supaya pengunjung bisa ikut berpartisipasi," tutur Mahasiswa Seni Rupa Universitas Negeri Padang itu.

Pada stan Komunitas Seni Belanak itu, pengunjung akan menemukan kertas dan beberapa pensil warna yang bisa dipakai untuk menggambar karya. 

Baca juga: Tak Hanya Makanan Khas Sumbar, Mi Kari Khas Malaysia Ikut Hadir di Pekan Kebudayaan Daerah 2022

Gunawan mengatakan tak ada batasan dalam berkarya, seluruh karya yang dibuat oleh pengunjung nanti, bisa juga dipajang dan dipamerkan.

Gunawan bercerita, munculnya ide untuk membawa konsep gambar anak-anak untuk dipamerkan itu disebabkan ruang publik untuk tempat bermain sudah mulai habis.

"Kami melihat, di Padang ini sudah jarang tempat bermain untuk anak. Dan di beberapa kesempatan kami juga pernah membuat workshop untuk anak-anak dengan mengajak mereka untuk bermain dan menggambar," jelas pria asal Pasaman Barat itu.

Lebih Lanjut, Gunawan menyampaikan gambar yang pernah dibuat anak-anak di Komunitas Seni Belanak itu, juga ikut dipamerkan pada Pekan Kebudayaan Daerah 2022 ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved