Gempa Sumbar 2009

Niat Rayakan HUT Sang Adik di Padang: Tapi Tessa Olivia Kehilangan Mama, juga Guru Akibat Gempa 2009

isah Tessa Olivia (32), kehilangan orang tuanya bernama Fefti Guslin pada saat hari ulang tahun sang adik ketika gempa 30 September 2009 melanda sebag

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Tessa Olivia (32) saat sedang duduk di kawasan Tugu Gempa Padang, Jalan Khairil Anwar, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (28/9/2022). Ia kehilangan orang tuanya akibat gempa pada 30 September 2009. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kisah Tessa Olivia (32), kehilangan orang tuanya bernama Fefti Guslin pada saat hari ulang tahun sang adik ketika gempa 30 September 2009 melanda sebagian wilayah di Sumatera Barat (Sumbar).

Sebagaimana diketahui, bencana alam Gempa 2009 berkuatan 7,6 skala richter (SR) masih menyisakan pilu di hati masyarakat Sumatera Barat, termasuk Tessa Olivia.

Tessa Olivia dan keluarganya tinggal di kawasan Danau Singkarak, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumbar.

Sudah 13 tahun berlalu, kejadian pahit ini merenggut orang tuanya yang seorang guru sejarah di SMK 1 Rambatan, Kabupaten Tanah Datar.

Pada saat terjadinya gempa, Tessa Olivia baru saja selesai pulang kuliah semasa semester 5 jurusan keperawatan di Padang.

Ia berhasil selamat karena sedang berada di kawasan Jati dan pergi ke rumah temannya ke Taruko, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

"Pada saat itu, saya sendiri tidak mengetahui bahwasanya orang tua saya, khususnya mama datang ke Kota Padang," kata Tessa Olivia, Rabu (28/9/2022).

Tessa Olivia (32) saat sedang duduk di kawasan Tugu Gempa Padang, Jalan Khairil Anwar, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (28/9/2022). Ia menceritakan detik-detik terjadinya gempa sehingga membuatnya tidak dapat berdiri pada 30 September 2009.
Tessa Olivia (32) saat sedang duduk di kawasan Tugu Gempa Padang, Jalan Khairil Anwar, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (28/9/2022). Ia menceritakan detik-detik terjadinya gempa sehingga membuatnya tidak dapat berdiri pada 30 September 2009. (TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR)

Orang tua perempuannya memang berasal dari Kota Padang, sedangkan papanya berasal dari Ombilin, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar.

"Pada waktu itu, bertepatan adik saya yang nomor empat berulang tahun pada 30 September," kata Tessa Olivia.

Keluarganya sudah merencanakan untuk merayakan ulang tahun adiknya di Kota Padang.

Terkait perayaan itu, Tessa Olivia tidak mengetahui kapan kedua orang tuanya akan bertolak ke Padang.

"Saat terjadi gempa, signal komunikasi pun hilang. Namun, saat mencoba menghubungi mama, itu tersambung tapi tidak diangkat," katanya.

Pada keesokan hariya pasca gempa, Tessa Olivia melihat berita di televisi (TV) terkait robohnya Hotel Ambacang (Hotel Axana saat ini).

"Hotel Ambacang itu banyak terdapat korban, salah satunya mama saya. Pada saat kejadian sedang mengikuti seminar," kata Tessa Olivia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved