Kunci Jawaban

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 49, Menulis Pidato Persuasif

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 49, menulis pidato persuasif, ada 8 tema yang diberikan, satu diantaranya jangan buang sampah sembarang

Buku Bahasa Indonesia Kelas 9
Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 49, menulis pidato persuasif, ada 8 tema yang diberikan, satu diantaranya jangan buang sampah sembarangan. 

TRIBUNPADANG.COM - Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 49, menulis pidato persuasif.

Ada 8 tema yang diberikan pada kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 49, pilih salah satu.

Pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 49 diperuntukkan bagi siswa yang sedang mengerjakan Kurikulum 2013.

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 21 22 23, Mencermati Struktur Teks Laporan

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 25 26 27, Kegiatan 3: Latihan Kebahasaan

Kegiatan 3 : Menulis Pidato Persuasif

Tugas terakhir adalah berpidato secara spontan (tanpa teks). Caranya adalah mengundi tema dalam daftar di bawah ini. Pidato disampaikan berdasarkan tema yang didapat dari hasil undian. Gurumu akan mengatur jalannya undian. Pidato disampaikan dalam waktu antara 2-3 menit atau paling lama lima menit. Daftar tema sebagai berikut:

1. Jangan buang sampah sembarangan
2. Kuasai bahasa kuasai dunia.
3. Bayar pajak, negara makmur, bangsa maju.
4. Korupsi, rugi dunia akhirat.
5. Remaja unggul? Pasti bisa.
6. Mengapa saya tidak merokok dan antimerokok?
7. Perang terhadap narkoba.
8. Antikekerasan, antitawuran.

Kunci jawaban:

Contoh Pidato Tentang Jangan Buang Sampah Sembarangan

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Yang terhormat bapak kepala sekolah, bapak-ibu guru, dan teman-teman yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan dan nikmat sehat kepada kita semua. Ijinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan sebuat pidato yang berjudul jangan buang sampah sembarangan dan pentingnya menjaga kesehatan.

Kita semua tentu tahu pepatah yang menyatakan kebersihan adalah sebagian dari iman. Untuk itu, kita harus menjaga kebersihan di sekitar kita dan dimanapun kita berada. Kita bisa melakukan hal-hal dari yang sederhana, seperti membuang sampah pada tempatnya.

Mengapa membuang sampah pada tempatnya masih sulit dilakukan meskipun ini merupakan hal yang sangat mudah? Karena sebagian dari kita masih belum menyadari pentingnya menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Sebagian dari kita masih cenderung menyepelekan sampah, menganggap tidak ada dampak buruk dari sampah kecil yang kita buang. Padahal dari sampah-sampah kecil tersebut dapat memberikan dampak buruk yang sangat besar.

Oleh sebab itu, marilah kita buang sampah pada tempatnya. Kalian tahu dampak apa yang dapat timbul jika kita membuang sampah sembarangan? Saat musim hujan, pintu-pintu air akan dipenuhi oleh tumpukan sampah kita, menyebabkan air sungai meluap dan menyebabkan banjir. Sampah yang kita buang sembarangan juga akan menyumbat aliran-aliran air pada selokan di sekitar rumah maupun sekolah kita. Maka apa yang terjadi selanjutnya? Kita juga lah yang akan menanggung dampak dari perbuatan yang kita lakukan. Maka dari itu, kita perlu berhenti berfikir bahwa masalah sampah itu bukan masalah kita. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan berdampak buruk yang datang secara langsung kepada kita. Sehingga, marilah kita sama-sama memulai membiasakan diri untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah kita dan juga di sekitar rumah kita.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat dan menjadi pengingat bagi kita semua.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved