Kota Pariaman

Pimpin Rakor, Genius Umar Harapkan Program Desa/Kelurahan Sikron dengan Pemko Pariaman

Wali Kota Pariaman Genius Umar berharap adanya sinkronisasi antara desa/kelurahan dengan program Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman.

Penulis: Panji Rahmat | Editor: afrizal
istimewa
Wali Kota Pariaman Genius Umar berfoto bersama kepala desa dan kelurahan Se Kota Pariaman di Rumah Dinas Wako Pariaman, Kamis (1/9/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN- Wali Kota Pariaman Genius Umar berharap adanya sinkronisasi antara desa/kelurahan dengan program Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman.

Harapan ini Genius Umar sampaikan saat rapat koordinasi Pemko Pariaman dengan kepala desa dan lurah se Kota Pariaman di Balairung Rumah Dinas Wali Kota Pariaman, Kamis (1/9/2022).

Kata Genius Umar rakor itu terkait dengan program-program yang telah dibuat oleh pemerintah kota dengan program-program yang telah dibuat oleh pemerintah desa/kelurahan.

"Saya minta semua kepala desa/lurah dan OPD agar semua program-program yang telah dibuat oleh desa/lurah, bisa disinkronkan dengan program-program kota," katanya, Kamis (1/9/2022).

Sehingga pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa/lurah dengan pemerintah kota bisa sejalan, demi kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman.

Baca juga: Per 1 September SPBU Mitra Dara Bahagia Kota Pariaman, Terapkan Aplikasi My Pertamina

Dalam pelaksanaannya ia meminta kepala desa/lurah agar selalu melakukan koordinasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan lembaga-lembaga yang ada di desa/kelurahan.

Lembaga tersebut antara lain tokoh masyarakat, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai dan bundo kanduang.

Selain itu aspirasi Badan Permusyawaratan Desa juga sangat diperlukan, karena melalui itu saran dan masukan dari masyarakat akan dapat terangkum.

Lebih lanjut kata Genius Umar di bidang pembangunan ia berharap kepada kepala desa/lurah se-Kota Pariaman, untuk selalu memusyawarahkannya dengan masyarakat dan lembaga-lembaga yang ada.

Termasuk dalam pelaksanaan program pembangunan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan.

Program pembangunan tersebut tentunya harus sejalan dengan RPJMD Kota Pariaman yang dituangkan nantinya ke dalam RPJMD Desa.

Baca juga: 178 Mahasiswa Kurang Mampu Terima Beasiswa Pariaman Cerdas, Bersumber dari Baznas

Menurutnya pemerintah akan selalu membantu kemajuan desa dan kelurahan, baik dalam bentuk bantuan dana maupun support.

Beberapa program telah dilakukan Pemerintah Daerah untuk memajukan desa dan kelurahan, diantaranya melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Alokasi Anggaran Kelurahan (AAK) serta berbagai pembangunan sektoral lainnya, yang dilaksanakan oleh OPD maupun lintas sektoral lainnya.

"Termasuk Dana Desa yang telah digelontorkan oleh Pemerintah untuk seluruh desa yang ada di Indonesia dengan jumlah alokasi dana yang cukup signifikan," ujar Genius Umar.(*)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved