Kedapatan Bawa Ganja Kering, Dua Pria di Solok Dicokok Polisi, 7 Paket Besar Ganja Kering Disita

Dua orang pria di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) diciduk polisi karena kedapatan membawa narkoba jenis ganja kering, Senin

Penulis: Muhammad Fuadi Zikri | Editor: Mona Triana
istimewa
Dua orang pria di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) diciduk polisi karena kedapatan membawa narkoba jenis ganja kering, Senin (30/8/2022) 

Laporan Reporter TribunPadang.com, Muhammad Fuadi Zikri

TRIBUNPADANG.COM, SOLOK - Dua orang pria di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) diciduk polisi karena kedapatan membawa narkoba jenis ganja kering, Senin (30/8/2022).

Mereka diciduk di Gerbang Pintu Masuk Lereng Green View, Jorong Koto Baru, Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, sekitar pukul 22.15.

"Mereka berinisial BS (32) dan MHP (24) yang keduanya warga Sulit Air, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok," ujar Kasat Resnarkoba Polres Solok Kota, Iptu Rico Putra Wijaya, Selasa (31/8/2022).

Baca juga: WALHI Sumbar Minta Tambang Galian C di Lekok Tigo Kabupaten Solok Direklamasi dan Direhabilitasi

Dia menjelaskan, ihwal terungkapnya kasus ini saat pihaknya menyelidiki dugaan transaksi narkoba yang dilaporkan sering terjadi di lokasi penangkapan.

Saat penyelidikan berlangsung, pihaknya menemukan pelaku MHP yang tengah menenteng karung goni yang kemudian dicurigai pihaknya itu adalah narkoba.

Sementara pelaku BS didapati pihaknya tengah menunggu dengan sebuah motor dengan jarak lima meter dari pelaku MHP. 

Baca juga: Tolak Aktivitas Tambang Galian C, Puluhan Masyarakat Lekok Tigo Kabupaten Solok Datangi DPRD Sumbar

"Saat kita lakukan penangkapan, MHP langsung membuang goni plastik warna putih bawaannya itu. Sedangkan BS langsung kabur saat melihat rekannya tertangkap," terang Rico.

Perwira pertama Polri itu melanjutkan, pelaku BS yang mencoba kabur kemudian berhasil diamankan pihaknya tak jauh dari lokasi penangkapan MHP.

Sementara, karung goni yang dibuang MHP, saat diperiksa pihaknya mendapati tujuh paket besar ganja kering yang dibalut dengan plastik dan lakban kuning.


"Masing-masing paketnya memiliki berat satu kilogram, jati totalnya ada tujuh kilogram ganja kering yang kita amankan dari kedua pelaku," imbuhnya.

Rico menambahkan, dari hasil pemeriksaan terhadap kedua pelaku, barang haram itu rencananya akan dikirim ke Jakarta dengan transportasi bus.

Kemudian, salah satu dari pelaku merupakan residivis dalam kasus yang sama dan menjalani hukuman penjara dari 2015 hingga 2019.

Saat ini kedua pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dan diamankan pihaknya di Mapolres Solok Kota untuk pengembangan kasus.

Kedua pelaku dijerat pihaknya dengan Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 111 Ayat (2) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Ancamannya 20 tahun penjara," pungkasnya. (*)

 

 

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved