Kabupaten Sijunjung

Diskominfo Sijunjung Gelar Literasi Kesadaran Keamanan Informasi Tingkatkan Ketahanan di Ruang Siber

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sijunjung menggelar Literasi Kesadaran Keamanan Informasi, Senin (29/8/2022).

Penulis: Hafiz Ibnu Marsal | Editor: afrizal
Istimewa
Diskominfo Sijunjung, menggelar Literasi Kesadaran Keamanan Informasi di Balairung Lansek Manih, Kantor Bupati Kabupaten Sijunjung, Sumbar, Senin (29/8/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, SIJUNJUNG- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sijunjung menggelar Literasi Kesadaran Keamanan Informasi, Senin (29/8/2022).

Diketahui, kegiatan tersebut digelar di Balairung Lansek Manih, Kantor Bupati Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar).

Kadiskominfo Sijunjung, David Rinaldo menyebut, kegiatan ini dalam rangka menuju Aparatur Sipil Negara (ASN) berAKHLAK di dunia nyata dan dunia maya tahun 2022.

Baca juga: Tempat Wisata Sijunjung, Geopark Silokek hanya 13 Km dari Kantor Bupati, Jadi Pilihan Pecinta Alam

Baca juga: Ada 5 Nagari Statistik di Sijunjung, Diskominfo dan BPS Gelar Pembinaan Statistik Sektoral 

"Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pengamanan dan melindungi informasi demi mencegah terjadinya serangan siber,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut diikuti, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Camat Se-kabupaten Sijunjung serta kasubag umum dan kepegawaian perangkat daerah.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sijunjung, Zefnihan menyampaikan, saat ini kita melangkah ke zona revolusi industri 5.0. Dimana kemudahan akses terhadap dunia siber memungkinkan terjadinya pencurian data dan tindak kejahatan siber yang merugikan secara meterial dan mental.

"Untuk mengatasi itu diperlukan kesadaran keamanan dalam penggunaaan alat telekomunikasi agar tidak terjadi kebocoran data. ASN berkewajiban menjaga rahasia kedinasan, rahasia negara dan keamanan data privasi sendiri,” ujar Zefnihan dalam membuka kegiatan tersebut.

Ia menambahkan, Kabupaten Sijunjung telah menerbitkan 860 sertifikat sejak tahun 2009, dan menjadi daerah tiga besar dalam penerbitan sertifikat elektronik di Indonesia. (*)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved