Berita Padang Hari Ini

Harga Telur Melonjak di Padang : Distan Sebut Kenaikan Harga Pakan, dan Permintaan Meningkat

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat, yang juga membawahi bidang peternakan mengungkap melonjak harga telur di pasar Kota Padang lantaran

Penulis: Rima Kurniati | Editor: Emil Mahmud
TribunPadang.com/rimakurniati
Kadis Pertanian Padang, Syahrial Kamat, yang juga membawahi bidang peternakan mengungkap melonjak harga telur di pasar Kota Padang harga telur di pasar Kota Padang lantaran beberapa sebab. Awalnya kenaikan harga telur dikarenakan harga pakan yang ikut melambung naik serta penyebab lainnya. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat, yang juga membawahi bidang peternakan mengungkap melonjak harga telur di pasar Kota Padang lantaran beberapa sebab.

Menurut Syahrial Kamat, awal kenaikan harga telur dikarenakan harga pakan, yang ikut melambung naik serta penyebab lainnya.

"Permintaan semakin banyak sementara tidak diseimbangi dengan jumlah produksi, produksi masih begitu saja, itu yang menyebabkan naiknya telur," ungkap Syahrial Kamat, Sabtu (27/8/2022)

Sejauh ini, lanjutnya lonjakan harga telur tidak hanya terjadi di Kota Padang, namun merata hampir di seluruh Indonesia.

Untuk itu, Ia mengimbau peternak yang biasanya memasok keluar agar mengutamakan pasar di Padang terlebih dahulu.

"Karena memang sebagian, telur dari Padang dipasok ke luar. Untuk itu kita mengimbau supaya dipenuhi dulu pasar di kota," ungkap Syahrial Kamat.

Disamping itu, Syahrial Kamat juga mengharapkan peternak memperbanyak pasokan telur dengan cara menambah jumlah ayam bertelurnya.

Selain harga pakan, imbuh Syahrial Kamat terkait naiknya harga telur juga dipicu oleh banyak permintaan masyarakat.

Dikatakannya, harga telur kini per lapiak diatas Rp 50 ribu, yang biasanya hanya Rp 40 Ribu.

Harga Melonjak

Dilansir TribunPadang.com, harga di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat atau Sumbar melonjak naik, dibanding beberapa hari lalu.

Harga telur di Pasar Tabing, misalnya telur ayam ras ukuran jombo kini mencapai Rp 2200 per butir. Dibanding sebelumnya, harga telur tersebut hanya Rp 1800 per butir, Sabtu (27/8/2022).

"Kenaikan ini terjadi sejak seminggu yang lalu," ungkap Junaini seorang pedagang telur, Junaini saat ditemui di Pasar Tabing, Sabtu (27/8/2022)

Pantauan TribunPadang.com, harga  di Pasar Tabing, misalnya telur ayam ras ukuran jombo kini mencapai Rp 2200 per butir.

Harga di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melonjak naik, seperti pantauan di Pasar Tabing, misalnya telur ayam ras ukuran jombo kini mencapai Rp 2200 per butir.
Harga di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melonjak naik, seperti pantauan di Pasar Tabing, misalnya telur ayam ras ukuran jombo kini mencapai Rp 2200 per butir. (TRIBUNPADANG.COM/RIMA KURNIATI)
Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved