Breaking News:

Kabupaten Padang Pariaman

Lareh Nan Panjang Selatan Kabupaten Padang Pariaman Masuk Nagari Sadar Hukum di Sumbar

Kabupaten Padang Pariaman memiliki satu nagari Sadar Hukum yaitu Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, Kecamatan Tujuh Koto, sejak tahun 2019 silam

Penulis: Panji Rahmat | Editor: Mona Triana
TribunPadang.com/Panji Rahmat
Wali nagari lareh nan panjang selatan Zainal saat ditemui, Senin (1/8/2022) 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rahmat Panji

TRIBUNPADANG.COM, PADANG PARIAMAN - Kabupaten Padang Pariaman memiliki satu nagari Sadar Hukum yaitu Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, Kecamatan Tujuh Koto, sejak tahun 2019 silam.

Menurut Wali Nagari Lareh Nan Panjang Selatan Zainal, penetapan ini terjadi setelah pihaknya berhasil memenuhi syarat pembentukan nagari sadar hukum.

Katanya, Lareh Nan Panjang Selatan ini ditetapkan sebagai Nagari Sadar Hukum bersama 2 nagari lainnya di Batusangkar dan Kota Padang.

Baca juga: Warga Nagari Sungai Durian Patamuan Padang Pariaman Digegerkan Penemuan Mayat di Surau Polongan

Baca juga: Prakiraan Cuaca Sumbar 1 Agustus 2022, Pariaman dan Padang Pariaman Berpotensi Diguyur Hujan 

Ia menilai sebagai nagari yang baru mekar pada tahun 2016 lalu, mendapatkan predikat nagari sadar hukum ini sungguh hal yang luar biasa.

"Jadi ada sekitar tujuh kriteria yang harus kami penuhi untuk bisa menjadi nagari sadar hukum ini," katanya pada TribunPadang.com, Senin (1/8/2022).

Kriteria tersebut diantaranya adalah kebersihan lingkungan di sepanjang jalan, tidak adanya pernikahan dini, tidak ada kasus kriminal berat, tidak ada penggunaan dan peredaran narkoba di tengah masyarakat, serta masyarakat harus lunas dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan.

Baca juga: Festival Ekraf Milenial Pariaman Berakhir, Belasan Pelaku Ekraf Sumbar MoU dengan Buyer

Baca juga: Prakiraan Cuaca Sumbar 1 Agustus 2022, Pariaman dan Padang Pariaman Berpotensi Diguyur Hujan 

Dalam pelaksanaan kriteria ini kata Zainal pihaknya terus mengutamakan koordinasi antar perangkat nagari dan Korong dalam menjaga capaian yang telah diperoleh.

Koordinasi ini katanya dilakukan melalui rapat koordinasi setiap Senin dan Jumat, dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi dan menyikapi seluruh persoalan nagari.

"Selain itu untuk para remaja kami rutin melakukan wirid remaja keliling sejak tahun 2018," bebernya.

Baca juga: Binda Sumbar Lakukan Vaksinasi Covid-19 Massal: Datangi Masyarakat Desa Pakasai, Pariaman Timur

Baca juga: Semarak Muharram 1444 H di Pariaman, Genius Umar: Majukan Kota Pariaman Cerdas, Berbudaya & Religius

Melalui wirid remaja keliling ini pihaknya mengenali kebutuhan para remaja di Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, berdasarkan informasi yang didapati dari ustad terkait.

Lebih lanjut pihaknya juga meminta ustad pengisi ceramah wirid remaja keliling untuk mengarahkan ceramah terkait persoalan yang marak terjadi di kalangan anak muda.

Serta katanya sebagai nagari sadar hukum, pada pekan lalu pihaknya mendapat pembinaan nagari sadar hukum oleh kanwil hukum dan HAM yang diwakili oleh kepala divisi, Rabu (27/7/2022).


 

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved