Konflik Rusia Ukraina

Hasil Pertemuan Jokowi dan Vladimir Putin di Rusia: Ada 5 Poin Penting, dan Curhat Soal Sanksi AS Cs

Presiden Rusia Vladimir Putin  menyampaikan keluh kesah atau curhatnya kepada Presiden Jokowi mengenai sanksi Amerika Cs kepada Rusia di Istana Kremli

Editor: Emil Mahmud
Istimewa/BPMI Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Presiden Jokowi berjalan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Presiden menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin agar kedua pihak mencapai perdamaian. 

TRIBUNPADANG.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin  menyampaikan keluh kesah atau curhatnya kepada Presiden Jokowi mengenai sanksi Amerika Cs kepada Rusia di Istana Kremlin Moskow, Kamis (30/6/2022) waktu setempat.

Pada kesempatan, Vladimir Putin juga gembira atas kunjungan Jokowi sebagai teman lama yang kembali bertemu dengan sahabatnya tersebut.

"Saya sangat senang melihat Anda di Rusia, di Moskow. Saya tahu ini adalah kunjungan pertama Anda ke negara kami," tutur Putin dengan semringah seperti dikutip dari transkrip pembicaraan yang dipublikasikan Istana Kremlin.

Baca juga: Presiden Jokowi Agendakan Jumpa Volodymyr Zelensky & Vladimir Putin, Sudah Menuju Kyiv, Ukraina

Berikut 5  poin penting dari pertemuan Jokowi dengan Vladimir Putin.

1. Ajak Akhiri Perang

Presiden Jokowi menegaskan kepentingan Indonesia hanyalah agar perang segera diakhiri.

“Indonesia tidak punya kepentingan apa pun, kecuali perang dapat segera selesai,” kata Presiden Joko Widodo di salah satu poin pernyataannya, Kamis (30/6/2022).

Jokowi mengatakan perang harus selesai agar rantai pasokan pangan dan pupuk dapat segera diperbaiki. Sebab, urusan pangan menyangkut kehidupan banyak orang.

Karena itu, Jokowi pun mengajak seluruh pemimpin dunia untuk bekerja sama untuk menghidupkan kembali semangat multilateralisme, semangat perdamaian dan semangat untuk bekerja sama.

“Hanya dengan spirit itulah, perdamaian dapat dicapai,” kata Jokowi yang sehari sebelumnya telah menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

2. Jaminan Rusia untuk Jalur Ekspor Pangan Dari Ukraina

Jokowi juga membagikan berita baik terkait rantai pasok dunia itu.

Menurut Jokowi, Putin telah memberikan jaminan keamanan untuk jalur produk ekspor Ukraina, terutama yang melalui jalur laut.

Jokowi juga mengapresiasi Putin yang memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk, baik dari Rusia maupun Ukraina.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved