Breaking News:

Padang Panjang

Buku “Kulliyatul Mubalighien dari Kauman Padang Panjang untuk Indonesia” Resmi Diluncurkan

Buku berjudul “Kulliyatul Muballighien dari Kauman Padang Panjang untuk Indonesia” diluncurkan, Senin (27/6) di Aula Hamka Pondok Pesantren (Pontren)

Editor: Mona Triana
istimewa
Buku “Kulliyatul Mubalighien dari Kauman Padang Panjang untuk Indonesia” Resmi Diluncurkan 

Buku berjudul “Kulliyatul Muballighien dari Kauman Padang Panjang untuk Indonesia” diluncurkan, Senin (27/6) di Aula Hamka Pondok Pesantren (Pontren) Muhammadiyah Padang Panjang.

Buku tersebut ditulis Fikrul Hanif Sofyan yang mengangkat sejarah tentang Kulliyatul Muballighien (KM) dari dahulu hingga saat ini.

Wali kota diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Zulkifli, S.H mengapresiasi peluncuran buku ini. Dengan buku ini, orang-orang bisa melihat dan mengetahui bagaimana KM ini ada dan berkembang seperti saat ini.

"Selamat atas peluncuran bukunya. Semoga dengan adanya buku ini, ke depan KM semakin dikenal dan dikenang masyarakat luas," katanya.

Baca juga: Wali Kota Fadly Amran Sebut Pacu Kuda, Trademark Kota Padang Panjang

Baca juga: Jelang Event Pacu Kuda, Area Lapangan Bancalaweh Padang Panjang Dibersihkan

Sementara itu Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat, Dr. Shofwan Karim Elha, M.H menceritakan sejarah KM ini. Ia berharap dengan adanya buku ini, orang bisa lebih mengenal KM, sejak kapan KM ini ada dan siapa tokoh yang telah berhasil dan terkenal di KM.

"Selamat atas peluncurannya, dan selamat untuk membedah buku ini," tuturnya.

Sementara itu Mudir Pontren Kauman, Dr. Derliana, M.A menyampaikan, peluncuran buku ini sudah menjadi cita-cita dari Kauman dari dulunya.

“Alhmdulillah hari ini cita-cita itu terwujud,” sebutnya.

Baca juga: Alek Nagari Pacu Kudo di Lapangan Pacuan Bancah Laweh di Padang Panjang pada Minggu, 26 Juni 2022

Baca juga: Kasus PMK Sumbar: Belum Ada Hewan Kurban di Padang Panjang yang Terpapar

Dikatakan Derliana, dengan hadirnya buku ini akan mengundang adrenalin seseorang untuk membaca buku ini. Karena di dalam buku ini ada nama-nama orang hebat dalam bidangnya.

"Saya sangat berterima kasih kepada Fikrul yang telah berhasil mengumpulkan catatan KM dari dulu hingga sekarang, dan dituangkan dalam bentuk tulisan. Ini sungguh karya yang sangat luar biasa," pujinya.

Sementara itu Fikrul menyampaikan, ia menulis buku ini sejak Mudir Kauman memintanya pada tahun 2018 lalu. Buku ini penting ia tulis, karena ini jelang satu abad KM. Kurang lebih enam tahun lagi KM genap berumur satu abad.

"Buku ini cukup panjang ceritanya, terutama sekolahnya. Tidak mudah untuk mengumpulkan catatan KM ini. Namun berkat bantuan dari semua pihak, saya akhirnya bisa mengumpulkannya dan menuangkannya dalam sebuah buku. Selamat membaca, saya mohon kritikan dan sarannya," katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut kabid Perpustakaan dan Kearsipan, Forum Literasi dan undangan lainnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved