Hari Raya Idul Adha

Dinas Pertanian Kota Padang Sediakan Bursa Hewan Kurban: Siap Carikan Sapi yang Diinginkan Panitia

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Padang, Syahrial Kamat mengatakan program bursa hewan kurban untuk membantu panitia kurban.

Penulis: Rima Kurniati | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/RIMA KURNIATI
Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat mengatakan program bursa hewan kurban untuk membantu panitia kurban. Program Bursa Hewan Kurban ini dengan memfasilitasi seluruh panitia kurban di Padang dalam mencari hewan kurban yang sehat dan sesuait syariat. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kepala Dinas Pertanian (Distan) Padang, Syahrial Kamat mengatakan program bursa hewan kurban untuk membantu panitia kurban.

Menurutnya, Program Bursa Hewan Kurban ini dengan memfasilitasi seluruh panitia kurban di Padang dalam mencari hewan kurban yang sehat dan sesuait syariat.

“Nantinya, kita menunjuk personel yang akan membantu menghubungkan panitia kurban dengan agen atau toke ternak,” jelas Syahrial Kamat di Kota Padang, Selasa (21/6/2022).

Syahrial Kamat menyebut, dua orang yang ditunjuk memfasilitasi panitia kurban yakni, Yulia Reni dengan nomor ponsel 0853-5563-0668 dan M Hanif dengan nomor ponsel 0812-7228-0106.

Dia menambahkan petugas tersebut dapat dihubungi setiap waktu, kemudian keduanya akan mencarikan jenis sapi (hewan kurban) yang diinginkan oleh panitia kurban. 

Baca juga: Pemerintah Percepat Vaksinasi dan Pemberian Obat, Cegah Meluas Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Ternak

Suasana Pasar Ternak Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (18/5/2022) siang.
Suasana Pasar Ternak Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (18/5/2022) siang. (TRIBUNPADANG.COM/WAHYU BAHAR)

Dibandingkan kondisi tahun sebelumnya, dari pantauan di lapangan panitia kurban masjid dan mushala mulai mencari sapi yang sesuai syariat Islam.

"Situasi menjelang hari raya Idul Adha biasanya, biasanya permintaan hewan ternak untuk kurban bakal meningkat," ujarnya.

Sejauh ini lanjutnya, pada sisi lain juga sempat ada wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK pada hewan ternak.

Karenanya, Dinas Pertanian Kota Padang bertekad untuk melayani masyarakat melalui program tersebut hingga  Hari Raya Idul Adha serta tidak berbayar.

"Jika setelah lebaran memang dibutuhkan masyarakat misalnya untuk aqiqah maka tetap berlanjut," ungkap Syahrial Kamat.(TribunPadang.com/Rima Kurniati)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved