Kisah Inspiratif

Pemuda di Padang Kreatif Bikin Pot Bunga Hias, Produknya telah Dikirim ke Sejumlah Daerah Indonesia

PEMUDA ini ternyata mampu menghasilkan uang jutaan dari membuat pot bunga dari bahan gipsum di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Pemuda bernama Wahyu Oktariadi (27) saat ditemui TribunPadang,com, di Rt 03/Rw 20, Kelurahan Pengambiran Ampalu, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumbar. 

PEMUDA ini ternyata mampu menghasilkan uang jutaan dari membuat pot bunga dari bahan gipsum di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (24/5/2022).

Berikut ini kisah inspiratif dari seorang pemuda yang berlokasi di Rt 03/Rw 20, Kelurahan Pengambiran Ampalu, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumbar.

Pemuda ini bernama Wahyu Oktariadi (27) yang ditemui TribunPadang.com di sebuah rumah di tengah persawahan di Kota Padang, Provinsi Sumbar.

Saat itu sedang panas terik sekitar pukul 12.00 WIB. Ada seorang lelaki bersama temannya tengah sibuk pada sebuah rumah yang dikelilingi oleh tanaman padi.

Pemuda bernama Wahyu Oktariadi (27) saat ditemui TribunPadang,com, di Rt 03/Rw 20, Kelurahan Pengambiran Ampalu, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumbar.
Pemuda bernama Wahyu Oktariadi (27) saat ditemui TribunPadang,com, di Rt 03/Rw 20, Kelurahan Pengambiran Ampalu, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumbar. (TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR)

Hanya ada jalan setelah melewati perumahan warga, lantas di situ Wahyu Oktariadi menumpahkan semua idenya dalam bentuk pot bunga yang bernilai jual.

Bukan hanya pot bunga biasa, terlihat berjejer pot bunga yang dihias sedimikian rupa dengan cara dilukis menggunakan tangan dan mampu menguras ide.

"Idenya berawal dari saya masih duduk di bangku kuliah, tepatnya pada saat masa akhir kuliah. Itu saya memikirkan untuk menciptakan sebuah produk yang bernilai seni dan bisa komersilkan serta bisa dijual kepada banyak kalangan," kata Wahyu Oktariadi.

Hal itu dikarenakan dirinya sebelumnya adalah mahasiswa jurusan Seni Rupa di Universitas Negeri Padang (UNP).

Hingga saat ini dirinya sudah wisuda pada Tahun 2021 lalu, kemudian meneruskan usahanya membuat pot bunga hias.

Sebelumnya, sempat terkendala kuliahnya karena adanya pesanan yang banyak, dan meneruskan kuliah yang sudah di tingkat akhir.

Gipsum Bunga
Jajaran pot bunga dari bahan gipsum di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Kisah Inspiratif Rizki Hasilkan Rupiah Saat Pandemi Covid-19, Pasarkan di Instagram dan Facebook

Ide ini tercetus ketika Praktik Lapangan Kependidian (PLK) di SMK 4 Padang. Karena SMK 4 Padang sedang mengadakan pot bunga yang berukuran 30 cm tingginya dipesan oleh sekolah tersebut.

Berangkat dari itulah dikembangkannya pot bunga dalam bentuk kreasinya sendiri yang awalnya berbahan semen dan dipasarkan kepada teman-temannya.

"Alhamdulillah, saya membuat produk itu dari bahan semen dan banyak permintaan waktu itu. Namun, kami terkendala saat ada pesanan dari luar daerah," kata Wahyu Oktariadi (27).

Kendalanya, pada saat pengiriman lewat ekspedisi, karena semen sangat berat dna akhirnya dicari bahan yang lebih ringan. Akhirnya, dipilih bahan gipsum agar dapat dikirim ke seluruh daerah lewat ekspedisi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved