Citizen Journalism

Selama 25 Tahun: Pak Olan Jajakan Ikan Segar ke Perumahan Warga Padang, Demi Hidupi Istri dan 6 Anak

UPAYA dan perjuangan hidup yang dijalani seorang lelaki yang biasa disapa Pak Olan, menawarkan jualan ikan segar kepada pembelinya.

Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/CITIZEN JOURNALIS/YEVIS HARITSYAH
Pak Olan, menawarkan jualan ikan segar kepada pembelinya di kawasan komplek perumahan di sekitar Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), belum lama ini 

Citizen Journalism Oleh : Yevis Haritsyah *)

UPAYA dan perjuangan hidup yang dijalani seorang lelaki yang biasa disapa Pak Olan, menawarkan jualan ikan segar kepada pembelinya.

Sasaran pembelinya adalah warga komplek perumahan di sekitar Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), yang disasar Olan selama ini. 

Sejauh ini berjualan ikan keliling adalah pekerjaan yang banyak dilakoni oleh penduduk sekitar TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di Padang Sarai dan sekitarnya.

Berangkat dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) adalah suatu pasar tempat terjadinya transaksi penjualan ikan hasil laut -- secara lelang ataupun tidak --  yang biasanya terletak di dalam Pelabuhan Perikanan (PP) atau Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di sekitar pantai terdekat kawasan Padang Sarai.

TPI tersebut dibangun oleh pemerintah setempat dengan tujuan untuk melindungi para nelayan agar hasil tangkapannya mendapatkan harga yang baik untuk memenuhi kehidupan keluarganya.

Pembeli ikan di tempat pelelangan, biasanya adalah pedagang besar yang akan menjual kembali hasil lelang ikan ke pasar-pasar dan juga para penjual ikan keliling.

Baca juga: Pantai Air Manis Kota Padang Ramai Pengunjung, Pedagang Topi Bisa Raup Omzet Jutaan Rupiah

Yevis Created
Pak Olan, menawarkan jualan ikan segar kepada pembelinya di kawasan komplek perumahan di sekitar Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), belum lama ini. (Istimewa/Citizen Journalism/Yevis Haritsyah

Baca juga: Daftar Harga Sala di Pantai Gandoriah Pariaman, Bisa Pilih Sala Udang, Kepiting hingga Ikan Baledang

Pak Olan (71), asal Padang Sarai, Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumbar bekerja sebagai penjual ikan keliling semenjak Tahun 1997 hingga saat ini.

Pak Olan biasa berkeliling menjual ikan segar di komplek-komplek sekitar Padang Sarai yakni beberapa waktu menjelang pembangunan komplek perumahan Mega Permai 1 tersebut.

Apabila dipandang dari penampilan Pak Olan, terlihat bahwa beliau berasal dari keluarga yang sangat sederhana.

Awalnya, Pak Olan menuturkan bahwa dirinya bekerja sebagai petani.

Namun, semenjak komplek sekita Padang Sarai serta mulai ramai dimukimi warga, maka Pak Olan pun mulai beralih profesi sebagai penjual ikan keliling.

Dahulu ketika menjadi seorang petani, pak Olan hanya mendapatkan upah beras. Untuk mencari penghasilan tambahan.

Bahkan, Pak Olan juga mencari barang rongsokan untuk dijual kembali ke pusat pengolahan barang bekas.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved