Ledakan Kompor Gas di Solok, Suami Disambar Api saat Bantu Istri, Pasang Selang dari Tabung Elpiji

Seorang korban dilarikan ke rumah sakit (RS) akibat terkena ledakan kompor gas Jalan Datuk Perpatih Nan Sabatang, Kelurahan Pasar Pandan Air Mati, Kec

Penulis: Hafiz Ibnu Marsal | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA
Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Solok, memastikan api tidak kembali menyala, pascakebakaran di Kelurahan Pasar Pandan Air Mati, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Provinsi Sumbar pada Senin (23/5/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, SIJUNJUNG- Seorang korban dilarikan ke rumah sakit (RS) akibat terkena ledakan kompor gas Jalan Datuk Perpatih Nan Sabatang, Kelurahan Pasar Pandan Air Mati, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok Sumatera Barat (Sumbar), Senin (23/5/2022).

Kepala Seksi (Kasi) Pemadaman Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solok, Syukri Hermato mengungkapkan kejadian tersebut terjadi pada Senin sekira pukul 14.45 WIB, dan beruntung tak ada korban jiwa.

Menurutnya, awal kejadian saat istri korban bernama Martalina (45) hendak memasang selang regulator kepada gas elpiji 3 kilogram/Kg) untuk dua kompor miliknya.

"Satu kompor sudah selesai dipasang dan sudah hidup apinya, sementara satu lagi tidak kunjung hidup, karena pemasangannya tidak pas," ungkap Syukri saat dihubungi TribunPadang.com.

Dikatakannya, karena selang tidak tidak terpasang dengan benar, gas dari keluar dari tabung tersebut.

"Korban yang merupakan suami dari Martalina, membantu istrinya menghidupkan kompor tersebut, tiba-tiba api langsung menyambar korban, karena gas yang sudah menyebar," ujar Syukri.

Kata Syukri, saat pihaknya sampai di lokasi kejadian api sudah berhasil dipadamkan oleh masyarakat setempat.

Baca juga: Bahas Pengelolaan Sampah di Perkotaan, Tim Kementerian LHK Kunjungi Kota Solok

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Solok, memastikan api tidak kembali menyala, pascakebakaran di Kelurahan Pasar Pandan Air Mati, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Provinsi Sumbar pada Senin (23/5/2022).
Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Solok, memastikan api tidak kembali menyala, pascakebakaran di Kelurahan Pasar Pandan Air Mati, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Provinsi Sumbar pada Senin (23/5/2022). (ISTIMEWA)

"Api dengan cepat berhasil dipadamkan oleh masyarakat setempat, sehingga tidak sampai membakar rumah hanya dapur, kami melakukan pendinginan kembali untuk memastikan api tidak lagi menyala," tutur Syukri.

Sementara, untuk korban sudah di bawa ke Rumah Sakit Tentara Kota Solok, untuk mendapatkan perawatan.

Syukri juga mengimbau kepada masyarakat, untuk memastikan selang regulator gas lpg harus terpasang dengan  benar, sehingga gas tidak menyebar ke udara.

"Kami mengimbau untuk masyarakat agar memastikan selang regulator gas lpg terpasang dengan benar, saat tercium adanya gas yang menyebar hendaknya mematikan sumber api, agar tidak terjadi kebakaran," tutupnya.(TribunPadang.com/Muhammad Hafiz Ibnu Marsal)


 
 
 

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved