Bus Terbakar di Jalan Lintas Sumatera

Update Bus ALS Hangus Terbakar di Sijunjung Sumbar: Penumpang Bakal Terima Ganti Rugi

Penumpang PO Antar Lintas Sumatera (ALS) akan mendapat ganti rugi barang barang bawaan yang turut hangus terbakar dalam insiden kebakaran satu bus mil

Editor: Emil Mahmud
TribunPadang.com/Muhammad Hafiz Ibnu Marsal
Sebuah bus ALS terbakar di Jalan Lintas Sumatera, Nagari Tanjung Lolo, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, Jumat (13/5/2022) 

TRIBUNPADANG.COM, SIJUNJUNG -  Penumpang PO Antar Lintas Sumatera (ALS) akan mendapat ganti rugi barang barang bawaan yang turut hangus terbakar dalam insiden kebakaran satu bus miliknya saat dalam perjalanan.

Satu bus ALS yang terbakar terjadi pada pada Jumat (13/5/2022) lalu, di Nagari Tanjung Lolo, Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

Baca juga: POPULER Sumbar: Bus ALS Terbakar di Jalan Lintas Sumatera, 4 Ternak di Sijunjung Positif PMK

Baca juga: Update Bus Terbakar di Jalan Lintas Sumatera, Sopir: Mesin Baru Diganti untuk Perjalanan ke Semarang

Satu bus yang terbakar diketahui dengan pait polisi BK 7815 LC membawa 45 penumpang dengan tujuan Medan Semarang.

"Untuk barang barang penumpang yang kemarin ikut terbakar kita akan ganti rugi. Saat ini kita sedang melakukan pendataan mengenai barang barang bawakan penumpang," kata Humas ALS, Alwi Matondang kepada Tribun, Selasa (17/5/2022).

Baca juga: Barang Milik Penumpang Bus ALS yang Terbakar di Sumbar Tak Sempat Diselamatkan

Alwi sendiri belum dapat menjelaskan apa penyebab pasti kebakaran tersebut. Dia menyebutkan pihaknya bersama polisi masih mencari penyebab pasti kebakaran.

"Kalau penyebab belum dapat dipastikan, karena montir kita dan tim masih disana untuk dapat memastikan apa penyebabnya," kata dia.

Sementara itu, 45 penumpang yang berada di dalam bus saat ini sudah berada ditujuan mereka masing-masing. Mereka diantar menggunakan bus ALS yang lain ke kota tujuannya.

"Untuk penumpang sudah sampai ke daerah tujuan masih masing. Tetap kita antar dengan bus lainnya dan sudah sampai sejak beberapa hari lalu," ungkap Alwi.

Sebelumnya dikabarkan jika sebuah bus ALS terbakar di tengah jalan. Sopir Bus ALS, Elfian Lubis (44) mengatakan bahwa mesin meledak saat bus sedang dalam kondisi hidup," ujarnya.

"Saat sedang jalan mesin meledak lalu saya berhenti dan melihat mesin di belakang, api sudah membakar mesin," ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah berhenti di tepi jalan, mesin bus tidak bisa dimatikan sekitar 10 menit.

"Saat mesin sudah terbakar itu, penumpang belum mengetahui. Saya langsung teriakan untuk keluar dari bus, karena ada penumpang yang juga sedang tidur," ungkapnya.

(Tribun-Medan.com/Anugrah Nasution/Tribunnews.com)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved