Kabupaten Sijunjung

Janji Wabup Sijunjung Iraddatillah saat Audiensi dengan Apkasindo, Sampaikan Tuntutan Petani 

Audiensi tersebut dilaksanakan di Balairung Lansek Manih, Kantor Bupati Sijunjung, Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung

Penulis: Hafiz Ibnu Marsal | Editor: afrizal
TribunPadang.com/Muhammad Hafiz Ibnu Marsal
Audiensi Pemkab Sijunjung dengan Apkasindo Sijunjung di Balairung Kantor Bupati Kabupaten Sijunjung, Sumbar, Selasa (17/5/2022) 

Laporan Reporter TribunPadang.com, Muhammad Hafiz Ibnu Marsal

TRIBUNPADANG.COM, SIJUNJUNG- Audiensi dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) DPD Sijunjung, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Sijunjung, Iraddatillah menyebut akan menyampaikan tuntutan dari petani sawit kepada pemerintah pusat.

Audiensi tersebut dilaksanakan di Balairung Lansek Manih, Kantor Bupati Sijunjung, Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (17/5/2022).

"Tuntutan dari petani sawit ini, akan kami sampaikan kepada pemerintah pusat dengan surat resmi," ujar Iraddatillah saat audiensi tersebut.

Baca juga: Puluhan Petani Sawit Sijunjung Audiensi dengan Pemkab, Keluhkan Anjloknya Harga TBS

Baca juga: Update Bus ALS Hangus Terbakar di Sijunjung Sumbar: Penumpang Bakal Terima Ganti Rugi

Ia menjelaskan, kebijakan pemerintah pusat untuk membatasi ekspor CPO ke luar negeri, memiliki dampak kepada masyarakat petani sawit di Sijunjung.

"Dampak dari dibatasinya ekspor CPO, mengakibatkan CPO yang ada di pabrik menjadi menumpuk dan berdampak kepada masyarakat di mana TBS milik masyarakat tidak bisa diterima lagi," tuturnya.

Ia berharap, adanya kebijakan pemerintah pusat terkait kebijakan ekspor CPO ini, sehingga TBS sawit milik masyarakat bisa terus jalan.

Kata Iraddatillah, pihaknya tidak bisa melakukan pembatasan dan melarang TBS yang berasal dari luar daerah Sijunjung, karena dalam bisnis berniaga tidak bisa dibatasi.

"Kami tidak bisa membatasi sawit yang berasal dari luar, tetapi kami akan sampaikan kepada pihak pabrik untuk memprioritaskan TBS dari daerah Sijunjung," terangnya.

Terpantau TribunPadnag.com, anggota DPRD Sijunjung yang juga ikut dalam audiensi tersebut, seusai acara langsung mengunjungi dua pabrik pengolahan kelapa sawit di Sijunjung, yaitu PT KPS dan PT BPSJ Kiliran Jao.

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved