Cara Ubah Pengaturan Instagram untuk Tingkatkan Kesehatan Mental, Batasi Penggunaan 30 Menit Sehari

Berikut beberapa tips dari para ahli agar penggunaan instagram tidak terlalu mempengaruhi kesehatan mental

The Verge
Ilustrasi Instagram - Berikut beberapa tips dari para ahli agar penggunaan instagram tidak terlalu mempengaruhi kesehatan mental 

TRIBUNPADANG.COM - Sebagai salah satu media yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan banyak orang, instagram juga bisa merusak kesehatan mental. 

Sebab pengguna di Instagram sering melukiskan gambaran kesempurnaan yang tidak realistis dan secara tidak sengaja membuat kita berpikir negatif tentang diri kita sendiri.

Dilansir dari real simple, Rabu (4/5/2022) beberapa penelitian bahkan mengaitkan penggunaan media sosial dengan peningkatan depresi, citra tubuh negatif, kebiasaan tidur yang buruk, dan kecemasan yang tinggi.

Berikut beberapa tips dari para ahli agar penggunaan instagram tidak terlalu mempengaruhi kesehatan mental:

1. Batasi penggunaan Instagram hingga 30 menit sehari.

Langkah pertama untuk menghentikan kebiasaan buruk adalah kesadaran akan kebiasaan itu sendiri.

Baca juga: Berikut Ini Cara untuk Mengembalikan Postingan Foto atau Video Instagram yang Sudah di Arsipkan

Jika lebih dari 30 menit sehari, saatnya untuk menguranginya penggunaannya.

Jika Instagram membuat Anda kecanduan sehingga Anda kehilangan tanggung jawab atau kesulitan tidur, aktifkan pengaturan Instagram (atau tetapkan batas waktu di ponsel Anda) sehingga ini memberi tahu Anda ketika Anda telah mencapai batas harian Anda.

Di profil Anda, temukan ikon hamburger di sudut kanan atas layar. Ketuk "aktivitas Anda", "setel pengingat harian", lalu pilih jumlah waktu yang Anda inginkan.

"Mulailah menyapih diri Anda dan pada akhirnya bertujuan untuk melihatnya hanya beberapa kali sehari jika memungkinkan," kata Thomas. "Jangan melihat Instagram—atau platform media sosial lainnya—kurang dari dua jam sebelum tidur, jadi Anda bisa mulai melepas lelah dengan benar dan bisa tidur lebih nyenyak."

2. Pangkas umpan Anda.

Salah satu bahaya Instagram adalah kemampuan untuk mengikuti model, aktor, dan influencer yang tidak sepenuhnya jujur ​​tentang bagaimana mereka memanipulasi foto mereka.

Seseorang mungkin tampak memiliki tipe tubuh tertentu, tetapi tidak ada cara untuk mengetahui apakah mereka menggunakan filter, Photoshop, atau aplikasi retouching lainnya agar terlihat seperti itu.

Akun-akun ini tidak akan dihapus dalam waktu dekat, tetapi Anda dapat membatasi eksposur Anda ke akun tersebut.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved