Berita Universitas Bung Hatta

Dinas ESDM Sumbar-Teknik Elektro Universitas Bung Hatta Bahas, Potensi & Peluang Pengembangan Energi

Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Bung Hatta, Ir Arzul, MT beserta alumni melakukan kunjungan ke kantor Dinas ESDM (Energi dan Sumber Daya

Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA
Tim Jurusan Teknik Elektro Universitas Bung Hatta, dengan Ketua Prodi, Ir Arzul, MT beserta alumni melakukan kunjungan ke kantor Dinas ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Kota Padang pada Rabu (23/3/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Bung Hatta, Ir Arzul, MT beserta alumni melakukan kunjungan ke kantor Dinas ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Kota Padang pada Rabu (23/3/2022).

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Dinas ESDM, Ir Herry Martinus, M M beserta jajarannya di ruangan pertemuan lantai 4 Gedung Kantor tersebut. Turut hadir juga Wakil Rektor 3 UBH, Dr  Ir  Hidayat, MT, IPM yang juga alumni Teknik Elektro.

Rilis yang diterima redaksi, Rabu malam menyebutkan diskusi kali ini berlangsung lebih kurang 2 jam tersebut, membicarakan potensi dan peluang pengembangan energi di Sumatera Barat atau Sumbar.

Pada kesempatan ini, Arzul mengemukakan bahwa Jurusan Teknik Elektro yang sudah berdiri semenjak 1982 serta, telah mencetak lebih dari 3000 orang lulusan.

Baca juga: Universitas Bung Hatta dan PT Semen Padang Lestarikan, dan Tebar Benih Ikan Bilih ke Danau Singkarak

Tim Jurusan Teknik Elektro Universitas Bung Hatta, Ir Arzul, MT beserta alumni melakukan kunjungan ke kantor Dinas ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Kota Padang pada Rabu (23/3/2022).
Tim Jurusan Teknik Elektro Universitas Bung Hatta, dengan Ketua Prodi, Ir Arzul, MT beserta alumni melakukan kunjungan ke kantor Dinas ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Kota Padang pada Rabu (23/3/2022). (ISTIMEWA)

Sejauh ini,  menurutnya, mereka lulusan itu sudah bekerja di berbagai instansi pemerintah maupun swasta, BUMN, industri tersebar di dalam dan luar negeri, termasuk Kadis ESDM Alumnus Teknik Elektro angkatan 82.

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Sumbar, Herry Martinus memaparkan tentang potensi energi air yang dikandung Provinsi Sumatera Barat hingga saat ini.

"Sumatera Barat memiliki potensi energi air sebesar 1.100 megawatt, bionergi sebesar 923,1 megawatt, energi angin tiga sampai enam meter per detik yang berpotensi menghasilkan energi 428 megawatt," paparnya.

Lebih lanjut, energi surya 4,80 kilowatt-hour meter kuadrat per hari yang berpotensi menghasilkan energi sebesar 5.898 megawatt, energi samudera dengan panjang garis pantai 186.500 kilometer/KM, dan panas bumi sebesar 1705 megawatt electric.

"Untuk itu diperlukan sumberdaya manusia yang tidak sedikit, artinya banyak membutuhkan SDM untuk pengembangan, pengelolaan dan pengoperasiannya," ungkap Herry Martinus.

Pada sisi lain WR 3 Universitas Bung Hatta, Hidayat menyebutkan kolaborasi alumni dan almamater sangat diperlukan sekali untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Ditambah lagi, imbuhnya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sangat diperlukan sinergi alumni dengan almamater.

"Mahasiswa memerlukan tempat magang industri, yang dapat diakui maksimum 20 SKS. Lulusan memerlukan informasi dunia kerja, sehingga memerlukan sharing pengalaman dari alumni," ujarnya.

Ditambah lagi, keberadaan Prodi Vokasi D4, Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan (TRET) di Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta, yang disiapkan memiliki kompetensi di bidang Energi Terbarukan.

"Kedepannya, diharapkan mampu untuk menjawab kebutuhan SDM di bidang energi," ungkap Hidayat.(*/rls)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved