Breaking News:

Penanganan Covid

BINDA Sumbar Launching Dosis Booster di Kota Sawahlunto, Suntik Kades hingga Ketua Pengurus Masjid

Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Sumatera Barat (Sumbar) memulai penyuntikkan massal vaksinasi dosis ketiga atau lebih dikenal dengan Booster

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK BINDA SUMBAR
Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Sumatera Barat (Sumbar) memulai penyuntikkan massal vaksinasi dosis ketiga atau lebih dikenal dengan Booster di daerah itu, Rabu (12/1/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Sumatera Barat (Sumbar) memulai penyuntikkan massal vaksinasi dosis ketiga atau lebih dikenal dengan Booster di daerah itu, Rabu (12/1/2022).

Pelaksanaan vaksin booster itu dilaksanakan di Desa Sikalang Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumbar. 

Kota Sawahlunto dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, menjadi dua wilayah yang memenuhi syarat untuk penyuntikan Booster perdana di Sumbar.

Kepala BINDA Sumbar Hendra menyebutkan, dari hasil identifikasi pemerintah, terdapat ada sekitar 21 juta sasaran untuk bulan Januari yang sudah masuk ke dalam kategori penerima vaksin booster.

Baca juga: Kejar Target Vaksinasi, Polisi Hentikan Pengendara Saat Melintas di Depan Kantor Polsek Padang Barat

Sesuai ketentuan dari Kementerian Kesehatan RI kata Hendra, booster atau suntikan ketiga vaksinasi ini, akan diberikan kepada Kabupaten dan Kota yang capaian vaksinasinya sudah memenuhi kriteria 70 persen untuk dosis pertama dan 60 persen dosis kedua.   

Ada 244 Kabupaten dan kota yang sudah memenuhi kriteria penerima dosis ketiga vaksinasi ini. 

"Nah, di Sumbar berdasarkan arahan Kemenkes RI baru Kota Sawahlunto dan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang diprioritaskan. Untuk launching hari ini, kita pilih di Kota Sawahlunto,” kata Hendra.

Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo kata Hendra, vaksinasi dosis ketiga ini akan diprioritaskan untuk Lansia dan kelompok rentan. 

Upaya penyuntikan dosis ketiga ini, penting dilaksanakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, terutama mengingat Coronavirus Disease 2019 saat ini terus bermutasi.

“Presiden sudah menegaskan vaksinasi dosis ketiga ini, diberikan secara gratis. Bagi Presiden, keselamatan rakyat lebih utama."

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved