Breaking News:

Berita Pesisir Selatan

Oknum Siswa SMA & SMK di Pessel Terjaring Merokok di Warung, Dailipal Sebut Membuat Surat Perjanjian

Sebanyak empat orang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) kedapatan bolos dan diamankan petugas Satpol PP di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumate

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.SATPOL PP PESSEL
Para petugas Satpol PP saat menemukan remaja sekaligus siswa yang bolos sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumbar, Rabu (5/1/2022). 

TRBUNPADANG.COM, PADANG - Sebanyak empat orang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) kedapatan bolos dan diamankan petugas Satpol PP di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Pesisir Selatan, Dailipal, mengatakan remaja yang masih memakai baju seragam ini diamankan pada Rabu (5/1/2022).

"Telah terjaring sebanyak empat orang siswa oleh Satgas Trantibum," kata Dailipal, Kamis (6/1/2022).

Dailipal mengatakan, remaja yang diamankan berasal dari sekolah yang beralamat di Painan sebanyak empat orang siswa.

"Ada dua orang dari SMA dan dua orang lagi dari SMK," kata Dailipal.

Remaja SMA berinisial  AFD (17) dan ANS (18) kedapatan sedang merokok pada jam pelajaran di Jalan Baru Painan Salido pukul 09.30 WIB.

Selanjutnya, dua orang siswa SMK berinisial MMM (18) dan DF (17) jugga kedapatan, sedang merokok di warung pada jam pelajaran.

"Inisial MMM (18) dan DF (17) ditemukan sekitar pukul 11.00 WIB di Jalan Kamang Painan," kata Dailipal.

Dailipal mengatakan bahwa empat siswa ini diduga melanggar Perda Kabupaten Pesisir Selatan Nomor 1 Tahun 2016 tentang Ketentraman masyarakat dan Ketertiban Umum Pasal 23 ayat (1).

Baca juga: Soal Aktifitas di Perempatan Lampu Merah di Padang, Kasatpol PP : Langgar Perda Nomor 11 Tahun 2005

Kasatpol PP Pesisir Selatan, Dailipal bersama sejumlah anggotanya pada saat melakukan patroli pekat, Sabtu (7/3/2020) malam lalu.
Kasatpol PP Pesisir Selatan, Dailipal bersama sejumlah anggotanya pada saat melakukan patroli pekat, Sabtu (7/3/2020) malam lalu. (Istimewa/Dok.Satpol PP dan Damkar Pesisir Selatan)

Baca juga: Update Korban Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Pessel, Polisi: Belum Ada Hasil Visum, dan Autopsi

"Setiap anak sekolah dilarang berada di tempat umum dan tempat lain seperti warung luar sekolah, warnet, game atau playstation atau PS, biliard, objek wisata, dan tempat lain di luar pekarangan sekolah selama atau sesudah jam belajar," kata Dailipal.

Sedangkan Perda Nomor 1 Tahun 2016 ayat (2) berbunyi bagi anak sekolah yang ada kegiatan pada jam belajar di luar sekolah harus mendapat surat izin dari sekolah yang bersangkutan.

"Anak-anak yang terjaring kita bawa ke kantor dan kita data nama serta dari sekolah mana" kata Dailipal.

Selanjutnya, dilakukan pembinaan dengan memanggil orangtua siswa yang terjaring bolos sekolah ini.

"Kami juga telah memberitahukan pihak sekolah mereka. Lalu, mereka kita minta untuk membuat surat perjanjian agar tidak mengulangi perbuatannya," kata Dailipal. (TribunPadang.com/Rezi Azwar)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved