Breaking News:

Dua Pusat Perbelanjaan di Padang Hadirkan Layanan Pembayaran Digital QRIS

Bank Indonesia bekerjasama dengan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), ASPI dan berbagai pihak terkait terus mendorong perkembangan ekonomi melalui inklusi

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: Mona Triana
Ist/Bank Indonesia
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumbar kembali bersama dengan pihak manajemen dan PJP melakukan implementasi program S.I.A.P QRIS di pusat perbelanjaan modern yaitu di Basko Grand Mall dan Transmart Padang 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Bank Indonesia bekerjasama dengan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), ASPI dan berbagai pihak terkait terus mendorong perkembangan ekonomi melalui inklusifitas dan layanan keuangan digital. 

Namun, kini keuangan digital tak hanya menjadi bagian dari ekonomi namun menjadi salah satu gaya kekinian dengan memberikan berbagai alternatif pembayaran kepada konsumen.

Salah satunya melalui scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam melakukan pembayaran. 

Baca juga: Bank Indonesia Sebut Pandemi Covid-19 Buka Peluang, Memicu Peta Konsolidasi Baru secara Global

Baca juga: Siapkan Rp4,35 Miliar, Bank Indonesia Sumbar Gandeng TNI AL Laksanakan Kas Keliling ke Pulau 3T

Sumatera Barat (Sumbar) sebagai daerah yang terkenal dengan perdagangan dan kenikmatan kulinernya, turut mengimplementasikan QRIS.

Salah satunya melalui piloting program Pasar Tradisional dan Pusat Perbelanjaan Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai QRIS (S.I.A.P QRIS). 

Program tersebut merupakan hasil sinergitas antara Bank Indonesia dengan Kementerian Perdagangan dengan tujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi di sektor perdagangan dan sistem pembayaran.

Baca juga: INFO Cuaca Hari Ini: Cerah Berawan dan Berpotensi Hujan Ringan di Lima Puluh Kota & 4 Daerah Sumbar

Baca juga: Desa Wisata Apar Pariaman akan Jadi Satu Destinasi Wisata Terbaik di Sumbar

Diawali dengan launching program S.I.A.P QRIS pada Pasar Kuliner Padang Panjang, kemudian Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumbar kembali bersama dengan pihak manajemen dan PJP melakukan implementasi program S.I.A.P QRIS di pusat perbelanjaan Modern yaitu di Basko Grand Mall dan Transmart Padang. 

Kedua pusat perbelajaan yang terbesar di Padang menjadi suatu barometer bahwa pusat perbelanjaan modern di Kota Padang telah siap menerima pembayaran dengan metode memindai QRIS.

Baca juga: LINK Pendaftaran SNMPTN 2022, Pastikan Sudah Punya Akun LTMPT untuk Siswa, Cek Cara Registrasi

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Wahyu Purnama menuturkan digitalisasi pembayaran khususnya melalui QRIS di pasar modern tersebut merupakan langkah tepat yang perlu dilakukan untuk memfasilitasi transaksi pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan handal baik bagi merchant maupun konsumen.

Ia menyebut, volume dan nominal transaksi QRIS di Sumatera Barat terus meningkat. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved