Breaking News:

Tahun Baru 2022

Jawaban Isyarat Premium Bakal Dihapus 2022, Pertamina: Masih Dikaji, dan Harus Disetujui Presiden

Hingga saat ini, Pemerintah belumlah mengumumkan penghapusan bahan bakar minyak (BBM) RON 88 atau premium, yang dikabarkan disetop penyalurannya pada

Editor: Emil Mahmud
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi: Pengendara motor hendak mengisi BBM di SPBU di Jakarta 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga saat ini, Pemerintah belumlah mengumumkan penghapusan bahan bakar minyak (BBM) RON 88 atau premium, yang dikabarkan disetop penyalurannya pada 2022 mendatang.

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, persoalan premium akan dihapus atau tidak mulai tahun 2022 depan, hal itu merupakan kewenangan pemerintah pusat.

"Apakah pemerintah akan memutuskan premium, ada atau tidak? Itu di pemerintah," kata Irto saat dihubungi, Jumat (31/12/2021).

Namun, Irto melihat saat ini tingkat kesadaran masyarakat terhadap BBM ramah lingkungan sudah tinggi, sehingga lebih banyak memilih pertalite atau pertamax untuk kendaraannya.

Baca juga: Imbauan Wali Kota Bukittinggi, terkait Malam Pergantian Tahun Baru: Muhasabah, dan Hindari Maksiat

Oleh sebab itu, kata Irto, Pertamina pada tahun depan tetap menyalurkan pertalite dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kami tetap akan menyalurkan pertalite di tahun 2022. Kami akan mendukung penyaluran BBM yang lebih ramah lingkungan," tutur Irto.

Beberapa waktu lalu, Kementerian ESDM mengisyaratkan premium akan dihapus mulai 2022 dan diganti dengan pertalite (RON 90) yang dinilai lebih ramah lingkungan.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan, rencana ini masih dalam tahap kajian dan harus mendapatkan persetujuan dari Presiden.

Menurutnya, kualitas Pertalite lebih baik dari Premium. Oleh sebab itu, peralihan jenis BBM ini perlu dilakukan untuk memperbaiki lingkungan ke depannya.

Baca juga: Resep dan Cara Buat Sate Ayam Madura, Bisa Jadi Pengisi Malam Tahun Baru 2022

"Kita harapkan ke depan ada roadmap BBM yang ramah lingkungan. Jadi dari RON 88 kalau nanti dihapus tinggal paling kecil RON 90,” ujar Soerjaningsih, dalam konferensi pers yang disiarkan Youtube Halo Migas Ditjen Migas (25/10/2021).

“Kalau kemampuan kita memungkinkan, naik lagi jadi RON 91 atau 92. Itu adalah komitmen kita menyediakan BBM yang ramah lingkungan," sambungnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Besok Sudah 2022, Bagaimana Nasib Premium? Ini Jawaban Pertamina

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved