Kota Padang Panjang

Wali Kota Fadly Amran Promosikan Padang Panjang, Momentum Jadi Keynote Speaker saat ICCF 2021

Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menjadi keynote speaker dalam kegiatan Indonesia Creative Cities Festival (ICCF)

Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.DISKOMINFO PADANG PANJANG
Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menjadi keynote speaker dalam kegiatan Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) Tahun 2021 yang dihelat di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (27/11/2021) lalu. 

TRIBUNPADANG.COM, PEKANBARU -- Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menjadi keynote speaker dalam kegiatan Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) Tahun 2021 yang dihelat di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (27/11/2021) lalu.

Turut hadir Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Koperasi UKM, Teten Masduki, Wamen Parekraf, Angela Tanusudibjo, Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung, beserta Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Selanjutnya, ada Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, 13 bupati/wali kota yang tergabung dalam jaringan kota kreatif, dan 200 orang pelaku ekraf (ekonomi kreatif) dari seluruh Indonesia.

Rilis dari Dinas Kominfo Padang Panjang yang diterima Redaksi, Senin (29/11/2021) menyebutkan gelaran ICCF tersebut Wali kota Fadly memaparkan beberapa poin penting terkait Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Di antaranya Kota Padang Panjang terkenal dengan kota pendidikan, banyak meniliki sekolah unggul dan banyak cendekiawan yang lahir dari Padang Panjang.

Sebagai kota kecil, Padang Panjang juga terkenal dengan kota santri, karena banyaknya pesantren yang ada di sini.

Keberadaan pesantren ini telah melahirkan para santri hebat dan terkenal luas di lapisan masyarakat.

"Embrio kota pendidikan ini memang banyak lahir dari Padang Panjang dan ini sudah diakui masyarakat banyak."

"Padang Panjang miliki Institut Seni Indonesia (ISI), di mana senimannya telah banyak melahirkan produk baik lukisan, buku, bahkan batik khas Padang Panjang," sebutnya.

Selain itu, Fadly juga menjelaskan, ke depan Padang Panjang akan menjadi kota kreatif yang nantinya bisa menjadi tempat promosi bagi UMKM dan komunitas-komunitas yang ada di Padang Panjang.

Salah satunya ada Serambi Milk yang memiliki tempat belajar bagi anak-anak baik itu cara pengolahan susu murni, beternak sapinya, cara memeras susunya menjadi minuman yang sehat dan disukai anak-anak.

Baca juga: Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran Paparkan Keterbukaan Informasi, Hadapi Tim Panel KI Sumbar

Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menjadi keynote speaker dalam kegiatan Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) Tahun 2021 yang dihelat di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (27/11/2021) lalu.
Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menjadi keynote speaker dalam kegiatan Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) Tahun 2021 yang dihelat di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (27/11/2021) lalu. (ISTIMEWA/DOK.DISKOMINFO PADANG PANJANG)

Baca juga: Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran: Art Fest Lahir dari Hasil Kolaborasi, Pemko dengan Seniman

Selain itu, Padang Panjang juga memiliki berbagai program di Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata. Padang Panjang miliki Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM).

Lebih lanjut, juga ada Desa Wisata Kubu Gadang yang sudah menjadi terbaik di Sumatera Barat. Ada Masjid Asasi di Sigando yang merupakan salah satu masjid tertua di Sumatera Barat.

"Ini sudah digerakkan, dan sudah memiliki komunitas yang solid. Kita menginisiasi Kota Padang Panjang nanti akan menjadi kota pendidikan, kota religi, dan kota literasi".

"Insyaa Allah ke depan kita akan menyinkronkan program kerja kreatif masyarakat dari komunitas ini dengan program kerja dari Pemerintah Kota Padang Panjang," tutupnya. (*/rls/cigus)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved