Breaking News:

Viral Buaya Nongol di Padang

Update Viral Buaya Nongol di Padang, BKSDA Sumbar Pasang Tanda Plang Peringatan

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) melalui Resort Konservasi Wilayah Padang pasang plang peringatan di lokasi

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/BKSDA SUMBAR
Pemasangan plang tanda peringatan buaya di Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) melalui Resort Konservasi Wilayah Padang pasang plang peringatan di lokasi habitat buaya di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Pemasangan plang peringatan ini dikarenakan adanya kemunculan seekor buaya muara (Crocodylus porosus) di Batang Kuranji, Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumbar.

Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono, mengatakan pihaknya telah melakukan himbauan seputar bahaya buaya untuk mengantisipasi terjadinya konflik.

"BKSDA Sumatera Barat yang diwakili oleh RKW Padang melakukan pemasangan plang peringatan bahwasanya lokasi tersebut adalah habitat satwa buaya muara," kata Ardi Andono.

Kata dia, pemasangan plang ini disaksikan langsung oleh RT dan dibantu oleh pemuda setempat.

"Pemasangan plang ini bertujuan agar dapat memberikan informasi kepada masyarakat sekaligus pencegahan dini terjadinya konflik satwa liar dan manusia di sekitar aliran sungai," katanya.

Ia mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian kita semua yaitu areal-areal perairan tertentu yang diduga sebagai lokasi habitat maupun home range (jalur jelajah) buaya.

"Terutama ketika musim kawin dan bertelur, harus dihindari penggunaan serta pemanfaatannya oleh masyarakat sekitar sehingga konflik satwa buaya dengan manusia dapat diantisipasi," ujarnya.

Sebelumnya, Ardi Andono, mengatakan buaya yang muncul dan viral di media sosial itu termasuk jenis buaya muara (Crocodylus porosus).

"Seekor buaya muara muncul hingga viral di media sosial di Batang Kuranji, Kelurahan Surau gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumbar," kata Ardi Andono, Jumat (26/11/2021).

Baca juga: Viral Buaya di Pasaman Barat Nyasar ke Dalam Keramba Ikan, Warganet Tonton Video di Instagram

Halaman
1234
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved