Breaking News:

Prosedur Pemanggilan Prajurit TNI Oleh Aparat Penegak Hukum, Ketahui Poin-poin Aturan Baru

Ada empat poin yang termuat dalam aturan baru soal prosedur pemanggilan prajurit TNI oleh aparat penegak hukum.

Editor: Emil Mahmud
KOMPAS.COM/DIAN MAHARANI
Ilustrasi: Gedung Kejaksaan Agung RI 

TRIBUNPADANG.COM, JAKARTA - Ada empat poin yang termuat dalam aturan baru soal prosedur pemanggilan prajurit TNI oleh aparat penegak hukum.

Pertama, pemanggilan yang dilakukan kepada prajurit TNI oleh Polri, KPK, aparat penegak hukum lainnya dalam rangka untuk memberikan keterangan terkait peristiwa hukum harus melalui Komandan/Kepala Satuan.

Kedua, pemanggilan terhadap prajurit TNI yang tidak sesuai dengan prosedur, agar Komandan/Kepala Satuan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum yang dimaksud.

Baca juga: Aparat Razia Arena Game Konsol di Padang, Sasar Pengunjung Warnet tak Pakai Masker dan belum Vaksin

Baca juga: Selamatkan Pemancing yang Terombang-ambing di Laut, 3 Prajurit Lantamal II Padang Raih Penghargaan

Ketiga, prajurit TNI yang memberikan keterangan terkait peristiwa hukum kepada aparat penegak hukum dapat dilakukan di satuannya dengan didampingi Perwira Hukum atau Perwira Satuan.

Keempat, prajurit TNI yang memberikan keterangan terkait peristiwa hukum kepada aparat penegak hukum dapat dilakukan di kantor aparat penegak hukum yang memanggilnya dengan didampingi Perwira Hukum.

Aturan tersebut termuat dalam ST (Surat Telegram) Panglima TNI Nomor: ST/1221/2021 tanggal 5 November 2021.

Baca juga: Berikut Syarat Pendaftaran Calon Perwira Prajurit Karir Khusus Tenaga Kesehatan 2021

Hal tersebut sebagaimana termuat dalam unggahan di akun Instagram resmi Badan Pembinaan Hukum (Babinkum) TNI, @babinkum_tni, pada Senin (22/11/2021).

"Dasar: Adanya kejadian pemanggilan prajurit TNI oleh pihak Kepolisian yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku maka untuk menghindari kesalahpahaman, meminimalkan permasalahan hukum, dan terselenggaranya ketaatan hukum prajurit TNI," sebagaimana disampaikan dalam unggahan tersebut dikutip pada Selasa (23/11/2021) hari ini.(*/Tribunnews.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 4 Poin Aturan Baru Soal Prosedur Pemanggilan Prajurit TNI Oleh Aparat Penegak Hukum

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved