Breaking News:

Padang Panjang

Padang Panjang Kembali Raih Swasti Saba Wistara, Satu-Satunya Daerah Penerima di Sumatera Barat 

Kota Padang Panjang kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara Tahun 2021. Kota Padang Panjang menjadi satu-satunya daerah di Sumatera Barat

Editor: afrizal
Kominfo Padang Panjang
Kota Padang Panjang meraih penghargaan Swasti Saba Wistara tahun 2021, anugerah tertinggi untuk Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG PANJANG- Kota Padang Panjang kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara Tahun 2021.

Kota Padang Panjang menjadi satu-satunya daerah di Sumatera Barat yang menerima penghargaan tahun ini.

Swasti Saba Wistara adalah anugerah tertinggi untuk Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca juga: Wali Kota Fadly Amran: Pelaksanaan MTQ Makin Kukuhkan Padang Panjang, Sebagai Kota Serambi Mekkah

Tahun ini penghargaan serupa merupakan kali keenam diraih Padang Panjang secara berturut-berturut.

"Pada tahun ini, Padang Panjang menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar) yang menerima penghargaan Swasti Saba Wistara," terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Nuryanuwar, Senin (15/11/2021) sesuai rilis yang TribunPadang.com terima.

Nuryanuwar mengatakan, penghargaan tersebut nantinya akan diberikan Kemenkes RI dan diterima secara virtual/daring (dalam jaringan) oleh Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran Datuak Paduko Malano pada Rabu (17/11) lusa.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan, penghargaan yang diterima berkat keberhasilan Pemko Padang Panjang dan Forum Kota Sehat dalam memenuhi seluruh indikator penilaian saat verifikasi lapangan oleh Kemenkes RI.

"Ada beberapa indikator atau tatanan Kota Sehat yang harus dipenuhi dalam penilaian. Di antaranya tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan sarana lalu lintas tertib dan transpotasi sehat, tatanan kawasan pariwisata sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan kehidupan sosial yang sehat, tatanan kesehatan dalam masa pandemi Covid-19," jelasnya.

Baca juga: Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran: Kunci Sukses Pariwisata, Terletak di Pemasaran

Nuryanuwar juga menjelaskan, keberhasilan Kota Padang Panjang dalam meraih Swasti Saba Wistara ini tidak terlepas dari dukungan, komitmen wali kota dan DPRD dalam menjalankan program Kota Sehat di Padang Panjang.

Juga kerja keras dari Forum Kota Sehat mulai dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan serta kesadaran dari seluruh masyarakat Padang Panjang terhadap kesehatan dan kebersihan.

Sementara itu, Ketua Forum Kota Sehat, Hariyanto, mengatakan, penghargaan Kota Sehat ada tiga elemen.

Di antaranya, tatanan yang merupakan komitmen dari pimpinan daerah, tim pembina, dan juga kelembagaan masyarakat.

Untuk kelembagaan masyarakat, terdapat di dalamnya Forum Kota Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan, dan Pokja-Pokja Kelurahan yang berfungsi memotivasi dan mengadvokasi masyarakat untuk menyelenggarakan Kota Sehat dari tingkat bawah hingga atas.

Baca juga: Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran Ajak ASN Pemko, Buktikan Kinerja dan Maksimalkan Pelayanan

"Bagaimana kita menciptakan masyarakat untuk tidak hanya sehat dari penyakit, tapi sehat ini memang betul-betul menjadikan Kota Padang Panjang kota yang aman, nyaman dan sehat untuk dihuni warganya," tuturnya.

Dalam penghargaan Swasti Saba Wistara, Hariyanto mengatakan, semua elemen itu berkontribusi besar untuk memenuhi aspek-aspek Kota Sehat. Ketika dinilai dokumen maupun aplikasi langsung, Padang Panjang benar-benar layak dan pantas menerima penghargaan Kota Sehat. (rls)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved