Sinema Minang Kreatif Asah Kemampuan Anak Nagari dalam Pengambilan Video, Tingkatkan Potensi Wisata

Sekelompok anak muda yang tergabung dalam Sinema Manang Kreatif mengajarkan proses pembuatan video untuk meningkatkan potensi wisata di Provinsi Sumat

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Mona Triana
Istimewa
Sinema Manang Kreatif mengajarkan proses pembuatan video untuk meningkatkan potensi wisata di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, Minggu (7/11/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Sekelompok anak muda yang tergabung dalam Sinema Manang Kreatif mengajarkan proses pembuatan video untuk meningkatkan potensi wisata di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kegiatan ini masuk ke dalam program Pesta Film Sumbar bertemu pemuda di setiap Nagari di Sumatera Barat. Rangkaian kegiatan terdiri dari 'Baraja Film' yang telah dilaksanakan pada Minggu (7/11/2021).

Pesta Film Sumbar merupakan sebuah perhelatan Akbar perfilman di Sumatera Barat yang penuh dengan Edukasi dan Apresiasi.

Baca juga: Akibat Abrasi Pantai Puluhan Pohon Cemara di Lokasi Wisata Kabupaten Pesisir Selatan Tumbang

Baca juga: Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 37 38 39 40: Bagaimana Pengaruh Usaha Pariwisata bagi Masyarakat?

Kegiatan 'Baraja Film' untuk kali pertama ini diadakan di Kabupaten Dhamasraya dengan memanfaatkan fasilitas atau objek kebudayaan kawasan Candi Padang Roco di Kenagarian Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumbar.

Pada kegiatan 'Baraja Film' ini, tim Pesta Film Sumbar fokus kepada potensi anak-anak muda yang ada di Kabupaten Dharmasraya.

Baca juga: Menikmati Pemandangan Bukik Bulek di Padang Pariaman, Objek Wisata yang Tawarkan Keindahan Alam

Baca juga: Potensi Wisata Bukik Bulek di Padang Pariaman, Panorama Alam nan Indah, yang Butuh Sentuhan Pemda

Semua peserta yang mengikuti kegiatan ini akan diberikan teori dan praktek serta kemampuan dalam mengembangkan ilmu perfilman sejak dini.

Direktur Pesta Film Sumbar, Winda Genial, berharap peserta dapat memproduksi film pendek mereka sendiri dengan mengangkat materi-materi seputar budaya, pariwisata, dan potensi daerah yang mereka miliki.

"Kedepannya diharapkan juga film-film pendek yang terlahir dari setiap Nagari di Dhamasraya akan bermunculan hingga dipertontonkan kepada masyarakat sebagai penontonnya," kata Winda Genial, Senin (8/11/2021).

Baca juga: Wagub Audy Sebut Pariwisata Sumbar Mulai Menggeliat, Selepas dari PPKM Level 3 dan 4

Ia mengatakan, para peserta sangat antusias mengikuti dalam kegiatan ini. "Kami Sinema Manang Kreatif, Pesta Film Sumbar dengan Program 'Baraja Film' tampil beda dalam ranah perfilman Sumbar," katanya.

Dikatakannya, biasanya ilmu tentang perfilman biasanya didapatkam dari Kota Padang. Namun, ia bersama-sama datangi setiap Nagari dengan menggali potensi setiap anak Nagari.

Harapannya agar anak Nagari juga dapat mahir dan kreatif jika diasah sejak dini mengenai ilmu perfilman. "Kami yakin kedepannya para peserta ini akan berhasil dan dapat memproduksi film-film pendek mereka," katanya.

Baca juga: Optimalisasi Capaian Vaksin, Masuk Objek Wisata Restoran dan Rumah Makan di Sumbar Kini Wajib Vaksin

Tujuannya agar setiap peserta dapat mengekspos budaya, pariwisata dan potensi daerah mereka sendiri.

"Mereka juga kami harapkan akan dapat bersaing, berkompetisi serta saling apresiasi terhadap karya di perfilman Sumbar" katanya. (*)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved