Breaking News:

Berita Pemko Pariaman

18 Desa di Kota Pariaman akan Laksanakan, Pemilihan Kepala Desa Serentak Februari 2022 Mendatang

Sebanyak 18 desa di Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan melakukan pemilihan kepala desa atau Pilkades serentak pada

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/WAHYU BAHAR
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Hendri saat ditemui wartawan, Kamis (28/10/2021). 

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN - Sebanyak 18 desa di Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan melakukan pemilihan kepala desa atau Pilkades serentak pada Tahun 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Pariaman, Hendri menyatakan bahwa rencananya Pilkades serentak akan dilangsungkan pada bulan Februari tahun 2022.

"Untuk proses dan tahapan akan berlangsung mulai dari Bulan November 2021 hingga Februari 2022 mendatang," ujar Hendri. Kamis (28/10/2021).

Hendri menyampaikan bahwa Pilkades serentak tahun 2022 akan dilaksanakan berdasarkan Revisi Perda nomor 6 Tahun 2016, berdasarkan Permendagri nomor 72 tahun 2020.

"Terkait revisi Perda nomor 6 tahun 2016 telah disetujui oleh DPRD Kota Pariaman tersebut, dan saat ini masih menunggu konsultasi dan evaluasi dari Gubernur Sumbar," kata Hendri yang merupakan mantan kepala Dinas Kominfo Pariaman ini.

Hendri menyampaikan, Perda yang sudah disetujui DPRD Kota Pariaman, harus melalui konsultasi dan evaluasi ke Gubernur Sumbar.

Selanjutnya, kata Hendri, sebagai produk hukum, setelah di evaluasi, maka akan disesuaikan dan ditetapkan di lembar daerah.

Baca juga: Nelayan Pariaman Sewakan Jasa Antar Spot Mancing, Wali Kota Genius Umar: Turut Bantu Promosi Wisata

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Hendri saat ditemui wartawan, Kamis (28/10/2021).
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Hendri saat ditemui wartawan, Kamis (28/10/2021).   (TRIBUNPADANG.COM/WAHYU BAHAR)

Baca juga: DPRD Kota Pariaman Terima Kunjungan, Tim Pansus Perubahan Perda Pilkades DPRD Deli Serdang

"Setelah itu ditetapkan, barulah kita akan melaksanakan proses-proses selanjutnya, seperti pembentukan panitia di tingkat kota, kecamatan, hingga ke desa (P2KD) yang dibentuk oleh BPD," kata Hendri.

Sering itu, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi mengenai Pilkades, karena terdapat sejumlah aturan baru terkait penerapan protokol kesehatan.

Sebelumnya, imbuh Hendri pada Perda nomor 6 tahun 2016 itu direvisi, karena menyesuaikan situasi Pandemi Covid-19.

"Ada beberapa pasal yang disesuaikan dengan arahan pemerintah pusat, yakni mengenai penerapan protokol kesehatan pada Pilkades nantinya," ujar Hendri.(TribunPadang,com/Wahyu Bahar)

 
 

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved