Breaking News:

Kasi Cagar Budaya Padang: Semoga Timbul di Hati Generasi Muda Menjaga & Merawat Peninggalan Sejarah

Kota Padang memang memiliki segudang sejarah mengingat usianya yang sudah 352 tahun, usia tersebut bukan hanya persoalan angka namun juga beragam ceri

Penulis: Panji Rahmat | Editor: Mona Triana
TribunPadang.com/Panji Rahmat
Wali Kota Padang sedang menyematkan Pin pada pemuda peduli cagar budaya kota padang Senin (25/10/2021) 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rahmat Panji

TRIBUNPADANG.COM, PADANG – Kota Padang memang memiliki segudang sejarah mengingat usianya yang sudah 352 tahun, usia tersebut bukan hanya persoalan angka namun juga beragam cerita dan bangunan bersejarah yang saat ini berdiri di atasnya.

Beragam bangunan bersejarah peninggalan nenek moyang serta masa penjajahan Belanda dan Jepang itu hingga sekarang masih berdiri kokoh di 11 kecamatan di Kota Padang dan masih banyak peninggalan lainnya yang masih belum ditemukan.

Namun, bangunan tersebut seperti tanpa kisah dan makna jika dilihat sekilas oleh masyarakat, merujuk pada sejarah semua bangunan itu sebenarnya adalah buah dari cerita panjang dan perjalanan hebat warga Kota Padang pada masa lampau.

Baca juga: Walikota Padang Hendri Septa Kukuhkan Pemuda Peduli Cagar Budaya Kota Padang

Baca juga: Juru Parkir Viral Adu Jotos dengan Pengunjung di Pantai Padang, Pelaku Juga Melakukan Pemerasan

Sebagai sebuah benda bangunan itu memang tidak bisa menyampaikan kegunaannya serta sejarah ia bisa berdiri di atas lahan tersebut. mengingat hal tersebut Kepala Seksi Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Marsaleh Adas berharap Pemuda Peduli Cagar Budaya (PPCB) Kota Padang  bisa menjaga dan merawat peninggalan sejarah itu.

Keinginan Marsaleh Adas ini mengacu pada pengukuhan PPCB Kota Padang yang baru dilakukan oleh Wali Kota Padang Hendri Septa Senin(25/10/2021).

Hendri Septa mengukuhkan  sebanyak 40 orang pemuda dan pemudi yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Padang.

Baca juga: Akibat Cuaca Buruk di Padang, Satu Pohon Tumbang Timpa Bus, Tidak Ada Korban Jiwa

Baca juga: Dalam Rangka HDKD 2021, Petugas Pelayanan Publik Rutan Kelas IIB Padang Pakai Tingkuluk dan Deta

Menurut Marsaleh Adas dengan adanya pengukuhan ini  setidaknya bisa memicu timbulnya rasa di hati kaum muda untuk menjaga serta merawat peninggalan sejarah di Kota Padang.

“Kita berharap para pemuda dan pemudi di 11 kecamatan ini nantinya bisa menyusup dan membentuk pola pikir di wilayah masing-masing dengan beragam aktivitas yang mereka lakukan,” jelasnya ditemui seusai acara Workshop Senin (25/10/2021).

Baca juga: Polisi Tangkap 3 Orang yang Masih Satu Keluarga di Padang, Berawal dari Penganiayaan di Gudang

Setelah pengukuhan ini Marsaleh Adas juga akan memberikan pembekalan nantinya pada anggota PPCB melalui bantuan dari para ahli cagar budaya yang berada di Sumatera Barat.

“Saya mau memberikan pembekalan setelah ini pada para anggota PPCB Kota Padang, namun yang akan jadi prioritas kita pada pembekalan ini adalah bagaimana para anggota PPCB bisa memiliki rasa untuk menjaga dan merawat cagar budaya di Kota Padang,” ujar Kasi yang gemar menulis ini.

Baca juga: UPDATE Penyekapan Warga di Jalan Kelok Belimbing Padang, Pelaku 3 Orang Pakai Penutup Kepala

Baginya persoalan saat ini  bukan lagi masalah pengetahuan dari para pemuda, namun bagaimana  cara menggugah keingintahuan dan pentingnya merawat cagar budaya Kota Padang bagi para pemuda.

Para anggota PPCB Kota Padang juga hadir dari berbagai usia dan kalangan, ada yang masih duduk dibangku  Sekolah Menengah Pertama, Karang Taruna dan Komunitas peduli cagar budaya.

Baca juga: UPDATE Penyekapan Warga di Jalan Kelok Belimbing Padang, Pelaku 3 Orang Pakai Penutup Kepala

“Kita tidak main-main dalam mempersiapkannya, selain tujuan untuk merawat dan menjaga cagar budaya yang ada di Kota Padang, kami juga berharap ada regenerasi nantinya sehingga kami memilih untuk memasukan anggota dari berbagai kalangan usia dan kelompok,” tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved