Breaking News:

Bank Indonesia Terapkan Kartu ATM Debit Chip, 1 Desember 2021 Kartu Debit Non Chip Takkan Berfungsi

Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan peraturan pada seluruh bank di Indonesia untuk menerapkan penggunaan Kartu ATM Debit Chip pada seluruh nasabahny

Editor: Emil Mahmud
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi: Kartu ATM 

TRIBUNPADANG.COM - Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan peraturan pada seluruh bank di Indonesia untuk menerapkan penggunaan Kartu ATM Debit Chip pada seluruh nasabahnya.

Penggantian Kartu ATM Debit Chip ini telah berlangsung sejak 30 Juni 2017 mulai dari tahap pertama, yaitu penggantian PIN 6 digit.

Saat ini, BI telah menginjak tahap terakhir, yaitu implementasi Kartu ATM Debit Chip dan PIN 6 digit pada seluruh nasabah bank manapun.

Dalam laman resmi Bank Indonesia (BI), bi.go.id, terdapat informasi mengenai batas waktu penggantian kartu Debit Non Chip ke ATM Debit Chip.

Batas waktu penggantian kartu diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015, tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet.

Kartu Debit Non Chip tidak akan bisa digunakan untuk bertransaksi mulai 1 Desember 2021.

Jadi, nasabah dari bank manapun di Indonesia yang memiliki kartu ATM Debit Non Chip (magnetic stripe) harus mengganti ke Kartu Debit Chip terakhir pada 30 November 2021.

Ilustrasi: Kartu ATM
Ilustrasi: Kartu ATM (TRIBUNNEWS.COM)

Batas waktu tersebut berlaku untuk semua bank.

Bank Central Asia (BCA) di laman bca.co.id, mengumumkan batas waktu penggantian kartu Debit Non Chip ke ATM Debit Chip yaitu sebelum 1 Desember 2021.

Sedangkan BNI mengumumkan dalam resminya bni.co.id,  penggantian kartu dilakukan terakhir 30 November 2021.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved