Breaking News:

Buka Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda PAUD, Kadisdikbud: Kita Harus Banyak Ilmu

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang Panjang laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Bunda PAUD

Editor: afrizal
istimewa/Diskominfo Padang Panjang
Kepala Disdikbud Kota Padang Panjang, M. Ali Tabrani saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Tingkat Kecamatan dan Kelurahan di Aula Disdikbud, Selasa (5/10/2021) . 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG PANJANG- 'Kita harus banyak ilmu dalam membantu perkembangan anak usia dini'.

Kalimat tersebut disampaikan Kepala Disdikbud Kota Padang Panjang, M. Ali Tabrani saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Tingkat Kecamatan dan Kelurahan di Aula Disdikbud, Selasa (5/10/2021) .

Bimtek ini bertujuan mewujudkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kota Padang Panjang.

“Bimtek ini dilaksanakan sebagai salah satu program pemerintah untuk mendukung komitmen nasional tentang jaminan penyediaan layanan PAUD bagi seluruh anak, sejak lahir sampai berumur 6 tahun,” sebut Kepala Disdikbud, M. Ali Tabrani, saat membuka kegiatan ini.

Baca juga: Wakil Wali Kota Padangpanjang Ingatkan OPD Pakai Data DSPPKBPPPA Agar Bantuan Tak Tumpang Tindih

Baca juga: Pemko Padang Panjang Bahas, Perubahan RPJMD Tahun 2018-2023

Kepada peserta Bimtek, Ali Tabrani menitip pesan agar mengikuti pelatihan dengan baik.

Diakuinya tidak mudah menjadi Bunda PAUD.

Mereka harus memiliki banyak ilmu agar mudah membantu perkembangan anak usia dini.

"Ikutilah kegiatan ini dengan baik. Banyak harapan yang terselip dalam kegiatan ini. Tidak mudah menjadi Bunda PAUD ini. Kita harus banyak ilmu dalam membantu perkembangan anak usia dini," ujarnya.

Selain itu, katanya, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mendorong peningkatan kerja Bunda PAUD kecamatan dan kelurahan dalam membentuk perkembangan anak-anak usia dini.

Bunda PAUD yang diwakili Ketua Pokja, Ridwan, menyampaikan, keberadaan Bunda PAUD memang sangat dibutuhkan dalam menumbuh kembangkan anak usia dini sebelum memasuki tingkat pendidikan selanjutnya.

"Anak-anak PAUD butuh bimbingan serius dari kita sebelum memasuki tingkat pembelajaran selanjutnya. Pembelajaran PAUD jauh berbeda dengan Sekolah Dasar. Kebanyakan saat ini anak-anak PAUD sudah diajarkan membaca, berhitung padahal itu belum waktunya. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk memahami stuktur PAUD ini," katanya.

Dijelaskannya, PAUD memiliki peran yang strategis dalam pengembangan SDM dan juga menjadi wadah untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak.

“Tumbuh kembang anak usia dini harus diprioritaskan sebagai investasi terbaik dalam siklus kehidupan manusia yang menjadi landasan sekaligus menentukan perkembangan anak selanjutnya.” tuturnya.

Kegiatan bimtek ini diikuti sebanyak 18 perwakilan dari Bunda PAUD kecamatan dan kelurahan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved